Ini 8 Momen Penting Bulan Agustus, Awal Mula Kemerdekaan RI

Ini 8 Momen Penting Bulan Agustus, Awal Mula Kemerdekaan RI

Foto
Soekarno dilantik sebagai Presiden Indonesia. (Foto: LENTERAJOGJA.COM)

Berikut ini 8 momen penting di bulan Agustus yang harus kamu tahu. Ini merupakan momen awal mula Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Baca juga: Ini Semangat Bung Karno Menyiapkan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Tetesan Air Mata Kebahagiaan

Bulan Agustus menjadi bulan yang begitu sangat bersejarah untuk Indonesia. Di bulan Agustus banyak peristiwa penting terjadi, mulai dari awal mula menuju kemerdekaan, persiapan proklamasi, hingga kemerdekaan RI dan pengesahan Undang-Undang Dasar 1945. 

Kemerdekaan Indonesia tidak bisa terlepas dari peristiwa besar perang dunia II antara Jepang dengan negara Sekutu Amerika Serikat. Kekalahan Jepang pada Perang Dunia II secara tidak langsung telah memberi peluang untuk Indonesia Merdeka.

Baca juga: Ini Deretan Uang Khusus Peringatan Kemerdekaan, Ada Uang Logam Nominal Rp 850.000  

Berikut correcto coba sajikan pada ada dengan lebih detail dan berurutan peristiwa penting di bulan Agustus yang telah mengantarkan Indonesia ke pintu kemerdekaan, bebas dari segala penjajahan. 

1. Kekalahan Jepang di Perang Dunia II salah satunya disebabkan oleh peristiwa Bom Atom Hiroshima pada 6 Agustus 1945. Saat itu, pesawat milik Amerika serikat menjatuhkan bom atom hingga membuat Hiroshima  hancur dan 140 ribu orang meninggal dunia.


2. Jepang semakin terpuruk setelah Amerika Serikat kembali menjatuhkan bom atom di Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Kawasan tersebut hancur dan 74 ribu orang meninggal dunia. 


Baca juga: Ini Makna Kemerdekaan Bagi Rakyat Indonesia

3. Setelah mendapat 2 serangan bom atom Jepang menyatakan kalah dan menyerah kepada sekutu pada 15 Agustus 1945. Kaisar Jepang Hirohita mengumumkan kekalahan Jepang atas Sekutu dan menyerah tanpa syarat. 


4. Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang dibentuk Jepang dibubarkan pada 7 Agustus setelah mengetahui kekalahan Jepang. Sejak saat itu bangsa Indonesia membentuk Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) termasuk menyusun UUD 1945.  


Baca juga: Pantun Kemerdekaan, Cocok Jadi Ucapan HUT Ke-75 Republik Indonesia

5. Pada 16 Agustus kelompok muda pejuang kemerdekaan menculik Soekarno dan Hatta dan mendesak untuk segera memproklamirkan kemerdekaan Indonesia dan bebas dari segala penjajahan. Kejadian tersebut dikenal dengan Peristiwa Rengasdengklok. 


6. Pada 17 Agustus tibalah saatnya Soekarno dan Hatta memproklamasikan Kemerdekaan Republik Indonesia. Soekarno dan Hatta membacakan teks proklamasi disusul dengan pengibaran bendera merah putih. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat.


Baca juga: 6 Kisah Unik Tentang Kemerdekaan Jarang Diceritakan di Sekolah

7. Pada 18 Agustus PPKI menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi Republik Indonesia. UUD 1945 jadi landasan hukum dan hiudp berbansa dan bernegara Indonesia. 


8. Pada 29 Agustus dibentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP). Ini merupakan satu badan yang berperan sebagai legislatif sebelum dibentuknya MPR dan DPR.   


Baca juga: Fakta-fakta Uang Kemerdekaan Baru Pecahan Rp 75.000