Masyarakat Lampung Beri Gelar Raden Bangsawan ke Erick Thohir

Masyarakat Lampung Beri Gelar Raden Bangsawan ke Erick Thohir

Yuli Nopiyanti
2021-06-19 21:20:25
Masyarakat Lampung Beri Gelar Raden Bangsawan ke Erick Thohir
Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara pemberian gelar adat kehormatan oleh masyarakat adat Lampung marga Dantaran (Foto: Berbagai Sumber)

Baru-baru ini Menteri BUMN Erick Thohir mendapatkan gelar adat kehormatan marga Dantaran dari masyarakat adat Lampung.

Usut punya usust gelar ini menjadi istimewa bukan hanya karena mengangkatnya sebagai kerabat keluarga besar marga Dantaran, tetapi sekaligus menobatkan Erick sebagai bangsawan adat.

Pemberian gelar adat ini dilakukan saat Erick Thohir dan Wakil Ketua MPR, Zulkifli Hasan (Zulhas), melakukan kunjungan ke Lampung. Keduanya melakukan dialog dengan masyarakat terkait potensi daerah.

Baca Juga: Bob Sadino Hingga Erick Thohir, Ini Tokoh Lampung Paling Berpengaruh

Kepala adat marga Dantaran yang bergelar Sai Batin Pangeran Ahmad Fajrin, menobatkan Erick Thohir sebagai Raden Bangsawan. 


Sedangkan Zulhas sendiri memiliki gelar Batin Eka Perkasa. Gelar tersebut merupakan penghormatan untuk bangsawan atau raja.

"Ini semacam adik-kakak. Pak Zul kakaknya, Pak Erick adiknya. Secara adat keduanya kakak beradik yang disahkan oleh keluarga besar marga Dantaran,” ujar Ahmad Fajrin.

Tak hanya itu saja bahkan upacara pemberian gelar adat ini diselenggarakan di SMA Kebangsaan, Kalianda, Lampung Selatan. Acara dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara adat, mulai dari silat sampai tarian.

Disisilain dalam sambutannya, Zulhas mengatakan pemberian gelar adat ini bukan hanya seremoni belaka, tetapi hal penting untuk mengajak para pemimpin negeri menjaga kelestarian adat dan Budaya.


"Ini amanat konstitusi. Amanat undang-undang. Adat dan budaya bangsa harus kita lestarikan berasama, karena ini bagian dari nilai-nilai luhur bangsa kita," tuturnya.

Baca Juga: Jawaban Bijak Erick Thohir Ketika Zulhas Sebut Capres Putra Lampung

Setelah mendapatkan gelar tesebut Erick Thohir menyampaikan rasa suyukur dan bahagianya menerima gelar adat dari marga Dantaran, Lampung Selatan.

"Jelas ini sebuah kehormatan, Raden Bangsawan, apalagi menjadi adik langsung dari Pak Zul dengan gelar Batin Eka Perkasa. Memang adat dan budaya ini harus menjadi visi kita semua. Visi untuk mengerjakan pembangunan. Kita tidak ingin Indonesia maju, tetapi meninggalkan adat dan budaya. Tidak mau revolusi industri 4.0 terus dikejar, tetapi anak-anak muda kita lupa pada budaya bangsanya," ujar Erick.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24