Bob Sadino Hingga Erick Thohir, Ini Tokoh Lampung Paling Berpengaruh

Bob Sadino Hingga Erick Thohir, Ini Tokoh Lampung Paling Berpengaruh

Foto
Tokoh Lampung Paling Berpengaruh Bob Sadino, Erick Thohir dan Zulkifli Hasan (Foto: Berbagai Sumber)

Inspirasi memang datang dari manasaja, tak terkecuali inspirasi datang dari para tokoh atau seseorang yang telah berhasil, dan kemudian sebagai generasi muda kita berharap untuk bisa mengikuti jejak mereka yang telah terbukti membangun Indonesia bahkan membangun dunia.

Sebagai masyarakat Lampung harus bangga dan berharap banyak generasi-generasi mendatang seperti 6 tokoh dari lampung ini.

Salah satunya pengusaha Bob Sadino, Menteri Erick Thohir hingga aktris Tara Basro yang berhasil mengharumkan nama lampung di kancah nasional

Baca Juga: Jawaban Bijak Erick Thohir Ketika Zulhas Sebut Capres Putra Lampung

Berikut beberapa tokoh lampung yang paling berpengaruh mulai dari Bob Sadino hingga Erick Thohir, dirangkum correcto.id dari berbagai sumber:

1. Bob Sadino (Pengusaha Agro)


Bob Sadino Lahir di Lampung, tanggal 9 Maret 1933, wafat pada tanggal 19 Januari 2015.

Beliau akrab dipanggil dengan sebutan ‘om Bob’. Ia adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. 

Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.

Bob Sadino berhasil membuka toko swalayan bernama Kem Chicks. Di sana ia menjual bermacam-macam sayuran dan buah segar, serta segala macam hasil pertanian.

Selain itu, Bob juga membuka PT Kemfood yang merupakan pabrik untuk memproduksi makanan olahan berbahan dasar daging.

Bob Sadino sukses memperluas bisnisnya ini menjadi agrobisnis. Ia pun terus menerus menjalin hubungan baik dengan para petani dan peternak di Indonesia.

2. Aburizal Bakrie (Pengusaha)


Pria kelahiran 15 November 1946 ini tidak hanya dikenal melalui berbagai perusahaannya yang termasuk dalam Bakrie Group, ia juga adalah seorang politikus yang berpengaruh.

Pengusaha sekaligus Politikus sukses dan berpengaruh ini memang dikenal dengan berbagai prestasi soal kewirausahaan sehingga kerap diundang dalam berbagai pertemuan untuk membagikan kisah suksesnya membangun kerajaan kekayaannya.

Pria yang juga akrab dipanggil Ical ini, ternyata memiliki warisan berbisnis berkat sang ayah, Achmad Bakrie yang dulu sempat berdagang rempah-rempah hasil perkebunan yang kala itu berada di Provinsi Lampung.

Aburizal Bakrie merambah berbagai sektor bisnis lainnya dan menjadikan bisnisnya menggurita, seperti bisnis pertambangan batu bara, perkebunan, minyak, properti, media telekomunikasi hingga media massa.

Sebut saja, seperti PT Bakrieland Development (bidang properti), PT Energi Mega Persada, PT Bakrie Sumatra Plantations (bidang perkebunan), PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Telecom (bidang komunikasi).

3. Erick Thohir (Menteri BUMN)


Erick Thohir adalah pengusaha yang memiliki darah Lampung. Ayah Erick Thohir, Mochamad Thohir atau lebih dikenal sebagai Teddy Thohir, adalah pria asal Lampung Tengah.

Pria kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970 ini merupakan pemilik dari bisnis di bidang media yakni Grup Mahaka. Bisnis tersebut didirikannya pada tahun 1993 silam.

Erick Thohir juga merupakan pemilik beberpa radio seperti Gen FM, Delta FM, Female Radio. Tak hanya itu, dia juga pemilik Jak TV dan memiliki sejumlah saham di TVOne.

Erick juga pemilik Inter Milan, salah satu klub sepak bola papan atas dunia yang bermarkas di kota mode, Milan, Italia. Ia juga memiliki klub bola DC United di Amerika Serikat. 

Kini Erick Thohir dalam lima tahun ke depan Erick Thohir ditugaskan Jokowi mengelola 142 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan total aset senilai Rp8.200 triliun. Prioritas agar intensitas ekspansi BUMN bisa masuk dalam perkancahan global. 

4. Zulkifli Hasan (Ketum PAN)


Zulkifli Hasan yang merupakan Ketua Umum PAN ini rupanya berasal dari Lampung.

Kendati sudah menjadi orang penting di Jakarta, baik selama masa reses legislatif maupun pada saat tertentu ia tidak pernah lupa pulang ke Lampung menyaksikan langsung perkembangan daerahnya. Dari 17 anggota DPR dari daerah pemilihan Lampung, boleh jadi hanya Zulkifli-lah yang paling sering pulang kampung.

Zulkifli Hasan, yaitu politikus yang menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) menggantikan Sidarto Danusubroto sejak 8 Oktober 2014 untuk periode 2014 2019.

Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Menteri Kehutanan Republik Indonesia menggantikan Malem Sambat Kaban, yaitu sejak 22 Oktober 2009 sampai 1 Oktober 2014.

5. Amelia Tantono (YouTuber)


Amelia Tantono dikenal sebagai YouTuber yang kerap membagikan kesehariannya saat tinggal di Korea Selatan.

Dara cantik kelahiran Bandar Lampung, 1 Desember 1991 ini, sejak duduk di bangku sekolah menengah Katolik Santa Ursula BSD, Tangerang Selatan sudah terlihat tertarik dengan hal-hal berbau Korea mulai dari Kpop hingga drama Korea.

Lulus dari bangku SMA, Amelia berhasil diterima di Kyungsung University yang terletak di Kota Busan.

Setelah lulus dari Kyungsung University pada tahun 2014 lalu, Amelia lolos dan diterima bekerja di salah satu stasiun penyiaran terbesar Korea, Seoul Broadcasting Station (SBS).

Tak hanya bekerja di stasiun televisi terkenal, Amelia juga pernah bermain Drama Korea dengan aktor terkenal Korsel.

Selama tinggal di Korea Selatan, Amelia ini sangat aktif membuat konten di kanal Youtube-nya yang bernama Amelicano. Bukan hanya itu, ia juga aktif bersosial media di Instagram dan saat ini subscriber serta followers-nya sudah mencapai ratusan ribu orang.  Melalui kanal Youtube-nya, ia membuat konten tentang aktivitas dia selama tinggal di Korea Selatan yang membuat para penonton menjadikan dia sebagai motivasi agar giat dalam segala hal.

Baca Juga: 5 Putra Daerah yang Berprestasi di Kancah Nasional, Presiden hingga Menteri

6. Tara Basro (Aktris)


Andi Mutiara Pertiwi Basro atau yang lebih dikenal dengan Tara Basro adalah seorang model dan pemeran Indonesia keturunan Lampung dan Bugis, Sulawesi Selatan. Ia memulai kariernya dari dunia modeling dengan menjadi finalis pada pemilihan GADIS Sampul tahun 2005.

Tara memulai debut di dunia perfilman Indonesia dengan tampil sebagai Putri dalam sekuel terbaru Catatan Si Boy pada tahun 2011 yang berjudul Catatan (Harian) Si Boy. Setahun berikutnya Tara tampil dalam sebuah film omnibus bergenre horor Hi5teria dan sebuah film drama Rumah dan Musim Hujan. 

Setelah hanya membintangi satu film tahun 2013 bersama Pandji Pragiwaksono dalam Make Money, Tara membintangi empat film pada tahun 2014 yaitu Princess, Bajak Laut dan Alien film omnibus bergenre keluarga, The Right One sebuah film drama romantis berbahasa Inggris, Killers sebuah film thriller kerja sama Indonesia dan Jepang, dan Pendekar Tongkat Emas sebuah film tentang dunia persilatan.

Pada tahun 2015, Tara berhasil meraih penghargaan Aktris Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 melalui peran sebagai Sari di film A Copy of My Mind karya Joko Anwar.

Pada tahun 2016, Tara dipasangkan dengan Allan Wu sebagai host untuk musim ke-5 dari The Amazing Race Asia.

Tara juga pernah memenangkan piala citra untuk Pemeran Utama Wanita terbaik dalam Festival Film Indonesia 2015 melalui aktingnya di film berjudul "A Copy of My Mind" karya Joko Anwar.

Kemudian, dia juga berhasil meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Wanita terfavorit melalui peran yang sama di ajang Usmar Ismail Awards pada tahun 2016 lalu.