Penjelasan Jubir Presiden Soal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Juga Dikecam Netizen

Penjelasan Jubir Presiden Soal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Juga Dikecam Netizen

Ekel Suranta Sembiring
2021-05-08 16:27:25
Penjelasan Jubir Presiden Soal Bipang Ambawang yang Dipromosikan Jokowi Juga Dikecam Netizen
Juru Bicara Presiden, Fajroel Rachman (foto: law-justice.co)

Juru Bicara Presiden, Fajroel Rachman memberikan penjelasan soal pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) promosikan bipang Ambawang untuk kuliner lebaran yang sempat viral dan menuai kecaman dari netizen. Malah penjelasan Fajroel Rachman itu juga mendapat kecaman dari netizen.

Fajroel Rachman mengatakan, Jokowi tidak salah menyebutkan kuliner Bipang, dia mengatakan kalau Bipang adalah jipang yang merupakan makanan khas dari beras. 

Baca Juga: Video Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang untuk Kuliner Lebaran Dikecam Netizen

"Ini BIPANG atau JIPANG dari beras. Makanan kesukaan saya sejak kecil hingga sekarang. BIPANG atau JIPANG dari beras ini memang makanan hit sampai sekarang ya. Nuhun ~ #BungFADJROEL #Bipang," twit Fajroel dalam akun Twitter pribadinya.

Sontak pernyataan jubir Presiden itu mendapat kecaman dari netizen. Netizen mengatakan  masyarakat juga tidak bodoh karena salah mendengar apayang disampaikan presiden.

"Jubir Presiden Fadjroel Rachman NGELES Bipang Yang Dimaksud Jokowi Bukan Babi Panggang Tapi Kue Jipang dari Beras, Dikira Masyarakat Bodoh?," tulis @maspiyuaja.

"kami gak bodoh," tulis @faried_ortho

"Ngeles aja lu pak, masa ga tahu bedanya," @EndyWahyono

"Di video itu yang disebut BIPANG AMBAWANG dari Kalimantan. Spesifik. Yang adalah babi panggang. Bipang berbahan beras itu dalam bahasa Banjar kita sebut "walatih"  atau "walatih bepang". Saran saya kalau harus ada juga cemilan Kalimantan disebut, pilih DODOL KANDANGAN," tulis @jurubaca.

"Ngeles Mulu kaya bangke," tulis @Majid24830714.

Baca Juga: Sekeluarga Pemudik Nekat Jalan Kaki dari Gombong ke Bandung Akibat Tidak Ada Ongkos

Diberitakan sebelumnya, video Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berpidato sambil mempromosikan bipang khas Ambawang, Kalimantan Barat untuk kuliner lebaran menuai kecaman dari netizen.

Banyak netizen kuliner yang dipromosikan Presiden Jokowi itu menganggap bipang sebagai babi panggang yang termasuk makanan haram bagi umat Islam.

Diamati Correcto.id video yang diunggah oleh akun Twitter @BossTemlen, tampak Presiden Joko Widodo berpidato melarang mudik sekaligus mempromosikan beberapa kuliner nusantara, salah satunya bipang Ambawang khas Ambawang.

Baca Juga: Viral Video Seorang Imam Masjid Ditampar saat Sedang Sholat

"Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online," kata Jokowi dalam satu video yang dibagikan di media sosial.

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan dan lain-lain tinggal pesan dan makanan kesukaan kesukaan akan sampai di rumah," ucap Jokowi nenambahkan.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24