Video Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang untuk Kuliner Lebaran Dikecam Netizen

Video Pidato Jokowi Promosikan Bipang Ambawang untuk Kuliner Lebaran Dikecam Netizen

Foto
Presiden Joko Widodo (foto: Sekretariat Presiden RI)

Sebuah video menayangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sedang berpidato sambil mempromosikan bipang khas Ambawang, Kalimantan Barat untuk kuliner lebaran menuai kecaman dari netizen.

Banyak netizen kuliner yang dipromosikan Presiden Jokowi itu menganggap bipang sebagai babi panggang yang termasuk makanan haram bagi umat Islam.

Baca Juga: Atalia Kamil Sembuh dari Covid-19, Ridwal Kamil Langsung Peluk Sambil Menangis

Diamati Correcto.id video yang diunggah oleh akun Twitter @BossTemlen, tampak Presiden Joko Widodo berpidato melarang mudik sekaligus mempromosikan beberapa kuliner nusantara, salah satunya bipang Ambawang khas Ambawang.

"Karena masih dalam suasana pandemi pemerintah melarang mudik dan untuk bapak ibu yang rindu masakan atau kuliner khas daerah atau yang biasanya mudik membawa oleh-oleh bisa memesannya secara online," kata Jokowi dalam satu video yang dibagikan di media sosial.

Baca Juga: Kronologi 10 Pria di Sulbar Cabuli Anak Dibawah Umur Secara Bergantian

"Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, empek empek Palembang, bipang Ambawang Kalimantan dan lain-lain tinggal pesan dan makanan kesukaan kesukaan akan sampai di rumah," ucap Jokowi nenambahkan.

Video berdurasi satu menit 10 detik itu pun langsung viral. Terakhir dilihat Correcto.id unggahan tersebut telah diretweet sebanyak 1.353 kali, nenuai suka sebanyak 3.156, dan dikomentari sebanyak 1.176 oleh netizen. Adapun beberapa komentar dari netizen sebagai berikut:

Baca Juga: Penjelasan Satgas Nemangkawi soal 3 Kelompok Teroris KKB Baku Tembak dengan TNI-Polri di ILaga Papua

"Sekalian aja Saksang, BPK.. haha," tulis @arcila_79.

"He Dongo Bipang ambawang itu daging Babi, Masa Muslim makan Babi jok ?," tulis @arpen3sam.

"Masak iya hari raya idul Fitri di kirimi daging babi panggang ya Allah raceto Grinning face," tulis @Herdiherdiman2.

"aneh yaa katanya orang islam kok kepikiran sama babi panggang kalimantan.... udah nyicip kayaknya ??," tulis @rajomedan8.

Berikut videonya: