Amalan Utama Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

Amalan Utama Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan

Yuli Nopiyanti
2021-04-12 15:30:50
Amalan Utama Ibadah yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan
Ilustrasi Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, istigfar selama Ramadhan (Foto: Berbagai Sumber)

Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Umat muslim memperingati bulan istimewa tersebut hanya selama setahun sekali.

Lebih lanjut amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah istimewa. Umat muslim seringkali berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan nan istimewa ini.

Oleh sebab itu bagi Anda umat muslim jangan sampai melewatkan momen di bulan yang mulia ini, bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat.

Baca Juga: 6 Aneka Tradisi Unik dan Khas Sambut Ramadan dari Berbagai Daerah di Indonesia

Berikut ini adalah 5 amalan pada bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang dapat menambah pahala dirangkum correcto.id dari berbagai sumber:

1. Salat Tarawih


Ulama sepakat Salat Tarawih itu disyariatkan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat muslim menghidupkan malam Ramadan dengan memperbanyak salat ini di sepanjang malam.

Dalam menunaikan Salat Tarawih, hendaklah dicontoh tata cara salat Nabi Muhammad SAW, baik mengenai jumlah rakaatnya maupun kualitasnya.

Nabi Muhammad menunaikan Salat Tarawih sebanyak 11 rakaat dengan cara-cara yang bervariasi: dengan cara jumlah rakaat 4+4+3. Boleh pula dengan cara 2+2+2+2+2+1.

Bukan cuma itu, salah satu keutamaan salat malam di bulan Ramadan yakni mendapatkan pengampunan dosa-dosa yang telah dikerjakan di masa lalu.

2. Tadarus Alquran


Umat Islam dianjurkan benar-benar berinteraksi dengan Alquran untuk meraih keberkahan hidup dan meniti jenjang menuju umat yang terbaik dengan petunjuk Alquran.

Berinteraksi dalam arti hidup dalam naungan Alquran dengan cara tilawah (membaca), tadabbur (memahami), hifdz (menghafalkan), tanfidz (mengamalkan), dan taklim (mengajarkan).

Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan di Ramadan, membaca satu huruf dalam Alquran akan diberikan 10 kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

3. Memperbanyak Sedekah


Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan cara memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

4. Itikaf


Salah satu amalan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW di bulan Ramadan adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan cara itikaf di masjid.

Itikaf dianjurkan dibiasakan setiap hari di Ramadhan, Tapi, diutamakan dikerjakan 10 hari terakhir Ramadan. Alasannya agar mendapati keagungan malam lailatul qadar.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Lengkap Bacaan Niat dan Doa, Tradisi Bersih Diri Jelang Ramadan

5. Memperbanyak zikir, doa dan istigfar


Umat Muslim dianjurkan untuk memperbanyak zikir, berdoa, istigfar dan meminta ampunan selama Ramadan terutama di waktu-waktu utama nan mulia, yakni malam dan siang hari.

Ada tiga waktu mustajab untuk berdoa, yakni saat berbuka, karena seorang yang berpuasa saat ia berbuka memiliki doa yang tak ditolak; sepertiga malam terakhir saat Allah turun ke langit dunia; dan beristighfar di waktu sahur.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30