2 Versi Cara Megatasi Kerasukan Setan, Salah Satunya Versi Ki Geni
Foto
Ilustrasi Kerasukan Setan (foto: primaberita)

2 Versi Cara Megatasi Kerasukan Setan, Salah Satunya Versi Ki Geni

Kerasukan atau biasa disebut hanya kesurupan adalah sebuah fenomena di saat seseorang berada di luar kendali dari pikirannya sendiri dan sama sekali tidak responsif terhadap rangsangan eksternal tetapi mampu mengejar dan mewujudkan suatu tujuan, atau secara selektif responsif dalam mengikuti arahan dari orang yang telah menginduksi kerasukan. Keadaan kerasukan dapat terjadi tanpa sadar dan tiba-tiba.

Insiden kesurupan bisa terjadi dimanapun dan kapanpun, termasuk saat bepergian ke sebuah lokasi yang dianggap mistis atau angker. Terkadang ketika ada kerabat atau teman yang mengalami hal tersebut, kita langsung panik dan ikut ketakutan.

Baca Juga:

Kisah Mistis Agen Properti, Dihantui oleh Istrinya yang Telah Meninggal

Cerita Horor Korban Tumbal di Sumut, Dihamili Secara Gaib

Kisah Mistis Intan saat Mendaki Gunung Salak, Dihantui Pocong hingga Hantu Pramugari

Lantas bagaimanalah langlah-langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menangani orang yang kesurupan? Berikut 3 versi langlah-langkah pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk menangani orang yang kesurupan yang dirangkum Correcto.id:

Versi Ki Geni

Ki Geni merupakan seorang praktisi supranatural selaku pendiri padepokan Tafakur Alam Tapa Pendam yang berlokasi di daerah Bintaro, Tangerang Selatan.

Ki Geni menjelaskan ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh siapapun saat menghadapi orang kesurupan. Menurutnya, dalam dunia supranatural kesurupan sendiri bisa diartikan sebagai kondisi dimana alam bawah sadar seseorang dikendalikan oleh energi negatif dari lingkungan sekitarnya yang membuat orang tersebut diluar kendali.

Berikut langkah atau penanganan yang bisa dilakukan, diantaranya:

1. Jauhkan korban dari lokasi kesurupan ke tempat lain.

Saat seseorang sedang mengalami kesurupan, untuk langkah pertamanya yang harus dilakukan ialah membawanya ke tempat lain menjauh lokasi kejadian.

"Dijauhkan dulu dari lokasi untuk mengurangi sugesti mistis dari lokasi yang ia datangi, supaya suasana lebih tenang juga," ujar Ki Geni.

2. Berikan ruang rileks pada tubuh korban

Jika korban kesurupan mengenakan pakaian yang tertutup rapat, sebaiknya dibuka terlebih dahulu kancing di bagian leher dan juga sepatu serta kaus kaki agar lebih rileks.

3. Cari titik kejut syaraf pada tubuh

Cara ini menurut Ki Geni sangat efektif untuk menangani korban kesurupan.

Pasalnya dengan cara menekan beberapa titik - titik refleksi tersebut diharapkan bisa membangkitkan alam bawah sadar.

Titik kejut yang dimaksud yaitu ruas jari antara ibu jari dan telunjuk, lalu bagian jempol kaki, bagian belakang telinga dan ulu hati.

4.Membaca ayat suci atau doa

Langkah ini menjadi bagian yang paling penting karena doa atau ayat - ayat suci dipercaya bisa mengusir energi negatif yang merasuki tubuh manusia. Hal ini boleh dilakukan sesuai agama dan keyakinan masing-masing.

"Kalau dalam Islam, bisa dibacakan beberapa surat pilihan seperti Al-Fatihah, Al-Jin, An-Nas, Al-Ikhlas dan Ayat Kursi atau yang lainnya setelah berwudlu atau dalam keadaan suci sambil menyiapkan segelas air putih untuk diusapkan ke wajah yang mengalami kesurupan," tambah Ki Geni Seketi

5. Jangan Panik Apalagi Ikut Berteriak

Menangani orang yang kesurupan harus dalam kondisi tenang alias tidak boleh panik bahkan ikut berteriak, karena situasi ini dikhawatirkan akan memperkeruh suasana.

Cara tersebut merupakan sedikit tips sebagai panduan yang bisa dilakukan oleh siapapun, namun jika kondisi tidak berubah disarankan untuk meminta pertolongan kepada seseorang yang lebih berkompeten seperti ustadz atau ahli supranatural.

Versi Ustadz Fauzan

Ustadz Fauzan merupakan Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadis Indonesia. Amin menjelaskan, kalau kesurupan memang ada dalam Islam. Hal itu bisa terjadi ketika iman seorang Muslim lemah. Selain itu, pernyataan kesurupan adalah ulah jin atau setan adalah fakta yang memang harus dipercaya.

"Kesurupan itu fakta. Kejadian itu benar terjadi karena ulah jin yang mencoba masuk menguasai korban kesurupan," terangnya.

Ustadz Fauzan mengatakan, untuk bisa mengatasi kesurupan, seorang Muslim bisa meminta pertolongan pada ahli rukiyah. Jadi, upaya mengeluarkan jin atau setan yang merasuki tubuh manusia adalah dengan membacakan ayat Alquran.

"Upaya pertolongan dari kesurupan bisa dilakukan oleh ahli rukiyah dengan membacakan ayat Alquran," sambungnya.

Baca Juga:

Berbagai Cerita Mistis di Lubang Buaya, Salah Satunya Pernah Terjadi Penampakan Pocong Kain Kafannya Sudah Terlepas

Cerita Mistis Pemelihara 'Boneka' Jenglot di Karawang, Mengaku Jelmaan Sosok Manusia yang Memiliki Ilmu Bhatara Karang

Tim Jurnalrisa Telusuri Bangunan Kosong Bekas Bioskop di Karawang, ini 4 Sosok Gaib yang Ditemukan

Kemudian, cara lain yang bisa dilakukan ialah dengan membentengi diri dengan keimanan yang kuat pada Allah SWT. Cara yang bisa dilakukan itu ialah dengan membaca ta'awudz, ayat kursi, atau surat Al-Ikhlas.

Berikut ketiga yang dimaksud:

Ta'awudz

أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Ayat Kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Surat Al-Ikhlas

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ . اللَّهُ الصَّمَدُ . لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ . وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ

Nah, itu dia beberapa versi mengusir setan saat kerasukan. Boleh dipakai versi dimanapun, kedua tujuan ini saja tujuannya yakni untuk mengusir setan dari tubah manusia.

Sumber: Okezone & Tribun



Tag :

KerasukanKerasukan SetanSetanHantuJinGaibKi GeniUstadz FauzanCara Megatasi Kerasukan

Artikel Terkait :

  • Tips Paling Ampuh Hadapi Stres Khusus Generasi Milenial

  • PSBB Bodebek Diperpanjang hingga 25 November

  • Cerita Misteri Papan Ouija, Dipercaya Dapat Panggil Hantu yang Sangat Berbahaya

  • Biografi dan Profil Lengkap Winter Aespa yang Disebut Mirip Nikita Willy


  • Share to: