Berikan Fasilitas Istimewa Bagi PMI, Erick Thohir: Mereka Pahlawan Devisa

Berikan Fasilitas Istimewa Bagi PMI, Erick Thohir: Mereka Pahlawan Devisa

Ajeng Conny Pradestina
2022-06-07 09:24:37
Berikan Fasilitas Istimewa Bagi PMI, Erick Thohir: Mereka Pahlawan Devisa
Erick Thohir (sumber foto: dok. Kementerian BUMN)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir turut serta dalam pelepasan 287 pekerja migran indonesia (PMI) ke Korea Selatan. Erick mengungkapkan bahwa BUMN mendukung penuh BP2MI dalam membuka lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia.

"Kami kan BUMN harus mendukung dalam arti pembukaan lapangan kerja dan juga ekonomi kerakyatan," ujar Erick Thohir, di Kinasih Resort Depok, Senin (6/6/2022).

Baca juga: Sebut Pekerja Migran Aset Bangsa, Erick Thohir Lepas 287 PMI ke Korea Selatan

BUMN telah memberikan dukungan berupa pendanaan kepada PMI agar terhindar dapat menghindari pinjaman uang dari lintah darat. Nantinya sata kembali ke Indonesia, para pekerja migran tersebut sudah terdaftar di data bank dan dapat membuka usaha di kemudian hari. Erick menyebut hingga kini sudah ada Rp1,1 triliun dari para pmi yang menabung.

"Sejak awal, saya bersama Pak Benny melakukan dorongan seperti pendanaan, kalau ada yang mau ke luar negeri bersama BNI, daripada terjebak oleh lintah darat yang Pak Benny bilang sebagai mafia," ucapnya.


Tak hanya itu, Erick Thohir mengatakan bahwa BUMN juga memberikan fasilitas khusus pada PMI di bandara agar tidak kalah dari warga negara asing. Dalam unggahannya di instagram, Erick mengungkapkan bahwa para pahlawan devisa ini tidak boleh dianggap masyarakat kelas 2

"Pak Benny dan saya bersepakat sejak awal, kita membuka pelayanan yang maksimal buat bangsa kita sendiri, jalur khusus dan juga lounge.” Imbuhnya.

Baca juga: Apresiasi Inovasi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar, Erick Thohir: BUMN Siap Mendukung

Menurut Erick, hal ini dilakukan sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo yang mengharuskan negara untuk hadir menjaga warga negaranya. Jangan sampai negara justru memberi keistimewaan pada warga asing.

“Presiden memerintahkan negara hadir, negara harus menjaga warga negaranya. Jangan sampai justru kita menjadi negara yang menomorduakan warganya sendiri'. Kita harus memastikan kita melayani bangsa kita menjadi nomor 1. bukan berarti kita antiasing, kita tetap melayani asing. tapi jangan sampai kita tidak melayani bangsa kita sendiri," kata Erick.

 


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24