Sebut Pekerja Migran Aset Bangsa, Erick Thohir Lepas 287 PMI ke Korea Selatan

Sebut Pekerja Migran Aset Bangsa, Erick Thohir Lepas 287 PMI ke Korea Selatan

Andrico Rafly Fadjarianto
2022-06-06 22:22:19
Sebut Pekerja Migran Aset Bangsa, Erick Thohir Lepas 287 PMI ke Korea Selatan
Erick Thohir Lepas 287 PMI ke Korea Selatan (Foto: Instagram @erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas 287 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan. Ia menyebut para pekerja migran sebagai aset negara.

Hal ini terlihat dari postingan terbaru di Instagramnya, Menteri BUMN tersebut mengatakan bahwa pada 6 Juni 2022, ia hadir dalam acara pelepasan 287 PMI ke Korea Selatan.

"Hari ini saya melepas keberangkatan 287 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan," tulis Erick.

Baca Juga: Erick Thohir Bertemu Puan Maharani hingga Zulkifli Hasan, Pengamat: Silaturahmi yang Positif


Dalam kesempatan ini, Erick juga mengingatkan jangan memandang rendah pekerja migran Indonesia. Karena mereka merupakan aset bangsa.

"Pekerja migran adalah aset bangsa," tulis Erick.

Tak hanya itu, Erick juga mengingatkan bahwa PMI bukanlah warga "kelas 2". Karena mereka juga merupakan pahlawan devisa negara.

"Jangan sampai teman-teman pahlawan devisa ini dianggap sebagai masyarakat “kelas 2”. Ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi, negara harus hadir menjaga warga negaranya," tulis Erick.

Lebih lanjut, Erick mengatakan bahwa ia akan terus mendorong BUMN untuk mendukung program PMI ini. Salah satu contoh BUMN yang telah mendukung para pekerja migran adalah Bank Negara Indonesia (BNI), yang memiliki beberapa program khusus untuk pekerja migran.

"Karena itu saya terus mendorong Kementerian dan Perusahaan di BUMN mendukung PMI. Bank BNI misalnya memiliki program fasilitas kredit usaha rakyat dan kredit tanpa agunan untuk pekerja migran. Ada juga layanan khusus bagi PMI di bandara seperti PMI lounge dan jalur khusus keimigrasian," tulis Erick.

Kepada 287 PMI Indonesia yang akan dilepas ke Korea Selatan, Erick Thohir berpesan bahwa mereka harus bisa belajar disana, agar ilmu yang didapat di Korea, bisa diaplikasikan di Indonesia yang bisa berguna untuk keluarga dan negara.

Baca Juga: Apresiasi Inovasi Sampah Plastik Jadi Bahan Bakar, Erick Thohir: BUMN Siap Mendukung

"Tingkatkan kapabilitas kalian, tingkatkan kemampuan kalian, untuk kalian, untuk keluarga, dan untuk Indonesia," ucap Erick Thohir.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30