Ini Pernyataan Lengkap Jenderal Andika Perkasa Usai Sah Dipilih Sebagai Panglima TNI

Ini Pernyataan Lengkap Jenderal Andika Perkasa Usai Sah Dipilih Sebagai Panglima TNI

Foto
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI. (Sumber Foto: Int)


Jenderal Andika Perkasa disetujui Komisi I DPR menjadi panglima TNI, setelah menjalani serangkaian fit and proper test, Sabtu (6/11/2021) kemarin.  Andika Perkasa akan menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang sebentar lagi memasuki masa pensiun.

"Memberikan persetujuan terhadap pengangkatan calon Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, SE, MA, MSc sebagai panglima TNI," kata Ketua Komisi I Meutya Hafid, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Ini Respon Istana soal Jenderal Andika Perkasa Jadi Panglima TNI Hanya Setahun

Disetujui DPR KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI


Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui pencalonan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI.  Keputusan tersebut diambil dalam rapat paripurna kesembilan Masa Persidangan II Tahun Sidang 2021/2022, Senin (8/11/2021).

"Sidang Dewan perkenankan kami tanya, apakah laporan komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test tentang pemberhentian Marsekal Hadi Tjahjanto dan menetapkan Jenderal Andika Perkasa sebagai calon panglima TNI tersebut dapat disetujui," kata Ketua DPR Puan Maharani saat memimpin rapat. "Setuju," jawab anggota Dewan yang hadir.

Baca Juga: Ini Jumlah Kekayaan KSAD Andika Perkasa yang Menjadi Calon Panglima TNI Usulan Jokowi

Visi yang Diusung Andika Sebagai Calon Panglima TNI


Adapun visi yang diusung Andika sebagai calon panglima TNI adalah "TNI Adalah Kita". Ia mengatakan, dengan visi tersebut, ia ingin agar TNI dipandang sebagai bagian dari masyarakat Indonesia maupun internasional. 

"Jadi kalau berangkat dari vision statement, Ibu, saya memilih 'TNI Adalah Kita'. Memang sangat singkat sekali, tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional untuk melihat TNI ini sebagai kita, atau bagian dari mereka," ujar Andika.

Baca Juga: Profil dan Biodata KSAD Andika Perkasa, Calon Panglima TNI Usulan Jokowi

Pernyataan Jenderal Andika Perkasa Usai Sah Dipilih Sebagai Panglima TNI


Jenderal Andika Perkasa mengucapkan terimkasih kepada pimpipan DPR-RI seluruh anggota DPR-RI yang telah menyetujui surat Presiden tentang pengangkatan dirinya menjadi Panglima dan juga kepada rekan media.  Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa dia masih menunggu resminya dari Presiden.

"Rekan-rekan media semuanya, saya hanya ingin mengucapkan terimakasih banyak kepada pimpipan DPR-RI seluruh anggota DPR-RI yang telah menyetujui surat Presiden tentang pengangkatan saya, dan juga yang terpenting kepada rekan media yang telah mengikuti sejak awal proses. Dan berikutnya akan menunggu resminya dari Presiden" ungkapnya.

Saaat ditanya soal sosok kepala staf Angkatan Darat (KSAD) yang akan menggantikannya, Andika enggan berspekulasi.

Andika mengatakan, pertanyaan itu baru akan ia jawab setelah ia resmi dilantik sebagai panglima TNI. 

"Pokoknya nanti setelah ada resminya dulu, baru (dijawab). Saya tidak mau mendahului, karena nanti disangka ge-er dan bukan kewenangan saya," kata dia.

Baca Juga: Ini Jumlah Kekayaan KSAD Andika Perkasa Calon Kuat Panglima TNI, Mencapai 179 Miliar

Calon Tunggal Panglima TNI


Seperti diketahui, Andika merupakan calon tunggal panglima TNI yang diusulkan Presiden Joko Widodo untuk menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan pensiun dalam waktu dekat.

Andika pun telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test dengan Komisi I DPR pada Sabtu (6/11/2021) lalu. Hasilnya, Komisi I DPR menyetujui Andika sebagai panglima TNI untuk menggantikan Hadi melalui rapat paripurna.