Ini Cara Wasit Mengatur Skor di Lapangan, Terungkap Mr Y di Mata Najwa: PSSI Bisa Apa Jilid 6

Ini Cara Wasit Mengatur Skor di Lapangan, Terungkap Mr Y di Mata Najwa: PSSI Bisa Apa Jilid 6

Foto
Pengakuan Wasit Atur Skor di Liga 1 - PSSI Bisa Apa Jilid 6 (foto: YouTube Najwa Shihab)

Isu wasit mengatur skor lagi heboh di media sosial. Banyak publik penasaran bagaimana cara wasit mengatur skor di lapangan. 

Berikut ulasannya yang diceritakan seorang wasit dinamai Mister Y membuat pengakuannya tentang pengaturan skor di Liga 1 Indonesia dalam acara Mata Najwa: PSSI Bisa Apa Jilid 6.

Baca Juga: Profil dan Biodata Ryuji Utomo, Pesepak Bola Persija yang Diincar Club Jepang dan Korea

Mendapat Instruksi Pakai Kode


(foto: ilustrasi)

Diamati dari video tersebut, wasit yang dinamakan Mister Y itu mengaku dirinya adalah tim di perangkat pertandingan Liga 1 dengan cara mendapat instruksi untuk partai mana yang harus dimenangkan.

"Dari jauh (sebelum) pertandingan kita sudah diinstruksi untuk teknis lapangannya, kita biasanya memakai kode," kata Mister Y, Kamis (4/11/2021).

Dibuat Pasti ada Kejadian Handsball di Kotak Pinalti


(foto: ilustrasi)

Mister Y mengungkapkan, jika diperintah memenangkan suatu pertandingan maka sudah pasti ada dibuat kejadian handsball di gawang. 

"Ketika kita diperintah memenangkan suatu pertandingan di situ jelas ada kejadian handsball. Sengaja dibiarkan seolah-olah kita tidak tahu, padahal kita tahu," ucap Mister Y.

Pengaturan Skor Sudah Terjadi Dua Kali di Liga 1 Musim Ini


(foto: ilustrasi)

Mister Y mengatakan, di liga 1 sepanjang musim ini sudah dua kali memainkan pengaturan skor. "Jadi apakah bisa dibilang 10 pertandingan itu bisa dibilang 10 wasitnya bermain?," tanya Najwa Shihab.

"Bisa jadi," jawab Mister Y.

Baca Juga: Profil dan Biodata Irfan Jaya Lengkap Agama, Pencetak Dua Gol PSS Sleman vs Borneo FC

Wasit Pengatur Skor Mendapat Uang


Mister Y juga mengungkapkan, wasit pengatur skor itu juga mengungkapkan dia bisa mendapat uang puluhan juta hingga ratusan juta rupiah tergantung besarnya partai pertandingan.

Pengatur Skor Tidak Tercium Satgas Mafia Bola

Mister Y menuturkan, pengaturan skor yang mereka lakukan di lapangan tidak bisa dicurigai atau dipengaruhi oleh Satgas Mafia Bola.

"Kita tidak mungkin tercium, Mbak. Kita sudah terbiasa seperti itu. Dan petugasnya (Satgas Mafia Bola) pun cuma berdiri, begitu, Mbak," kata dia.

Mister Y juga mengiyakan ketika ditanya petugas Satgas Mafia Bola hanya berdiri di lapangan dan tidak memiliki pengaruh sama sekali.