Profil dan Biodata Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Kembali Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Profil dan Biodata Nicke Widyawati, Dirut Pertamina yang Kembali Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh Dunia

Foto
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati kembali masuk dalam 100 perempuan paling berpengaruh di dunia (Most Powerful Women International) versi Majalah Fortune. (Sumber: Int),


Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati kembali masuk dalam 100 perempuan paling berpengaruh di dunia (Most Powerful Women International) versi Majalah Fortune.

Nicke menempati peringkat ke-17 sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di dunia. Terdapat sejumlah CEO global lain seperti Emma Walmsley, CEO GlaxoSmithKline (1), Jessica Tan, CEO Ping An Group (2),  Ana Botin, CEO Banco Santander (3) dan Shemara R Wikramanayake CEO Macquarie Group Ltd (4).

Majalah Fortune Internasional mengakui bahwa prestasi Nicke Widyawati sebagai pimpinan tertinggi perusahaan energi Pertamina di Indonesia telah terbukti dengan kemampuannya melewati tantangan triple shock yakni jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Baca Juga: MENGENAL NICKE WIDYAWATI MASUK WANITA BERPENGARUH DI DUNIA VERSI FORBES, KALAHKAN RATU INGGRIS

Fortune menilai, ketiga faktor tersebut telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina, namun pada paruh pertama 2021, di bawah kepemimpinan Nicke, Pertamina menunjukkan kondisi lebih baik dengan mencapai target produksi Migas.  

Majalah ini mengakui, Nicke terus mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan.  

Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina berdasarkan SK Menteri BUMN nomor SK-97/MBU/04/2018, tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Penasaran dengan fakta Nicke Widyawati? Berikut Correcto.id rangkumkan profil dan biodata Nicke Widyawati.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kartini Sjahrir, Adik Luhut Binsar Pandjaitan yang Bakal Jadi Komisaris Lippo Karawaci

Profil Nicke Widyawati.


Nicke Widyawati lahir pada 25 Desember 2021. Ia merupakan lulusan SMA Negeri 1 Tasikmalaya dan Institut Teknologi Bandung. Dia kuliah di kampus Ganesha dan mengambil jurusan Teknik Industri hingga lulus pada tahun 1991. Kemudian dia melanjutkan pendidikan masternya di jurusan hukum bisnis Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 2009.

Sebelum menjadi Dirut Pertamina, Nicke Widyawati pernah bekerja di berbagai perusahaan dengan berbagai jenjang jabatan. Semasa kuliah, Nicke Widyawati pernah bekerja di Bank Duta Cabang Bandung. Ia juga pernah meniti karir di PT Rekayasa Industri (Rekin).

Dia kemudian berpindah ke salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Mega Eltra hingga menjadi direktur utama. Pada tahun 2014, Nicke Widyawati kemudian pindah ke PLN dan menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis I. Tak lama dia kemudian ditunjuk sebagai pelaksana tugas Direktur Utama Pertamina menggantikan Elia Massa Manik.

Nicke Widyawati mendapatkan penghargaan sebagai Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013. Di tahun yang sama Nicke juga memenangkan Anugerah Perempuan Indonesia dari Kementerian BUMN.

Majalah Fortune menempatkan Nicke Widyawati di peringkat 16 dari 50 Perempuan Paling berpengaruh di Dunia (Most Powerful Women International) pada tahun 2020.

Nicke Widyawati baru menjadi Direktur Utama Pertamina secara tetap pada 30 Agustus 2018. Baru tiga tahun memimpin perusahaan oil and gass tanah air ini, ia dianugrahi sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sisilia Tunga, Finalis GirlTakeOver yang Jadi Dirut BRI Ternyata Kepala Sekolah Muda di Kupang

Biodata Nicke Widyawati:


Nama Lengkap:

Nicke Widyawati

Tempat/Tanggal Lahir:

 Tasikmalaya 25 Deserer 1967 
Umur:
53 tahun

Agama:

Islam

Suami: 

Fitriyansyah

Anak:

Muhammad Alif Fakhri
Pendidikan: 

SMAN 1 Tasikmalaya


Universitas Padjadjaran (2009)


Institut Teknologi Bandung (1991)


Jabatan:
Direktur Utama PT Pertamina (Persero)