Profil dan Biodata Wimboh Santoso, Bos OJK yang Hadir Saat Jokowi Sebut Masyarakat Tercekik Pinjol

Profil dan Biodata Wimboh Santoso, Bos OJK yang Hadir Saat Jokowi Sebut Masyarakat Tercekik Pinjol

Foto
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso. foto: Instagram

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, turut hadir saat Presiden Jokowi ungkapkan masyarakat Indonesia tercekik pinjaman online (pinjol). Berikut profil dan biodatanya.

Ungkapan itu dikatakan oleh Jokowi yang juga menyebut, masyarakat lapisan bawah yang tertipu dan terjerat bunga tinggi dari perusahaan pinjaman online (pinjol). Pada OJK Virtual Innovation Day di Istana Negara, Jakarta, Senin, 11 Oktober 2021.

Untuk itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu langsung meminta kepada OJK dan para pelaku industri jasa keuangan untuk menjaga dan mengawasi perkembangan digitalisasi sektor keuangan.

Baca Juga: https://correcto.id/beranda/read/42535/fakta-fakta-tiktok-cash-yang-tidak-lazim-ojk-minta-masyarakat-waspada 

Ribuan perusahaan startup


Dalam kesempatan yang sama, bos OJK Wimboh Santoso juga mengatakan, saat ini di Indonesia tengah ada 2.100 perusahaan startup hingga September 2021.

Diantaranya, 7 Unicorn dan 2 Decacorn telah merambah ke pasar ASEAN atau wilayah Asia Tenggara.

Ciptakan ekosistem keuangan


Selain itu, sebagai orang nomer 1 di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini, mengatakan pihaknya terus berinovasi untuk menciptakan ekosistem keuangan digital terintegrasi dan mempercepat aktivitas ekonomi dan bisnis.

Terpilih sejak 2017


Wimboh Santoso yang lahir pada 15 Maret 1957 di Boyolali, Jawa Tengah dan berusia 64 tahun ini, merupakan salah satu ekonom Indonesia yang pernah menjabat sebagai kepala perwakilan Bank Indonesia di New York, Amerika Serikat pada tahun 2012 lalu, setelah menjabat sebagai Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan BI periode 2010-2012 dan mengawali karier di Bank Indonesia (BI) pada 1984.

Baca Juga:  Viral Video Istri Preman yang Hajar Pedagang Wanita di Pasar Gambir Tembung Minta Tolong ke Jokowi

Terpilih menjadi bos Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sejak 2017 usai menang voting dengan Sigit Pramono.

Kini, mantan Direktur Direktorat Pengaturan Perbankan BI periode 2010-2012 itu, akan menjabat sebagai bos OJK hingga 2022.

Alumni Universitas Sebelas Maret


Berdasarkan berbagai sumber, Wimboh Santoso yang lahir di Boyolali 64 tahun lalu ini, merupakan alumni Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah di Fakultas Ekonomi.

Biodata Wimboh Santoso


Nama Lengkap: 
Wimboh Santoso
Nama Panggilan: 
Wimboh
Tempat, Tanggal Lahir: 
Boyolali, 15 Maret 1957
Umur: 
64 Tahun
Pekerjaan: 
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Akun Instagram: 
@wimboh.ojk