Mengenal Abimanyu, Tokoh Wayang Jawa Sangat Bertanggung Jawab dan Pemberani

Mengenal Abimanyu, Tokoh Wayang Jawa Sangat Bertanggung Jawab dan Pemberani

Foto
Wayang Abimanyu (foto: kluban.net)

Banyak tokoh wayang Jawa hingga saat ini masih menjadi salah satu hal yang menarik untuk mengenalinya. Pasalnya, sifat dan cerita dari setiap tokoh wayang itu memiliki nilai-nilai sosial yang dapat menjadi pelajaran.

Dalam kesempatan ini, kita akan membahas tokoh Abimanyu. Bagi kamu yang ingin mengenal lebih jauh tokoh wayang ini, bisa langsung simak berikut ini:

Baca Juga: Mengenal Drona, Tokoh Wayang Jawa Sakti Namun Berwatak Tinggi Hati

Silsilah Abimanyu

Abimanyu yang memiliki nama lain seperti, Angkawijaya, Jaya Murcita, Jaka Pangalasan, Partasuta, Kirityatmaja, Sumbadraatmaja, Wanudara dan Wirabatana merupakan anak dari pasangan Arjuna dan Dewi Sumbadra.

Abimanyu memiliki 13 saudara, diantaranya Sumitra, Bratalaras, Bambang Irawan, Kumaladewa, Kumalasakti, Wisanggeni, Wilungangga, Endang Pregiwa, Endang Pregiwati, Prabakusuma, Wijanarka, Anantadewa dan Bambang Sumbada.

Abimanyu memiliki dua istri yaitu, Dewi Siti Sundari yang merupakan putri dari Prabu Kresna Raja Negara Dwarawati dengan Dewi Pratiwi dan Dewi Utari yang merupakan putri dari Prabu Matswapati dengan Dewi Ni Yutisnawati dari negara Wirata.

Baca Juga: Mengenal Kumbakarna, Tokoh Wayang Jawa Bertubuh Raksasa dan Bersifat Perwira

Kisah Abimanyu

Menurut cerita pewayangan Jawa, Abimanyu merupakan makhluk kekasih Dewata. Sejak dalam kandungan ia telah mendapat Wahyu Hidayat yang mempunyai daya mengerti dalam segala hal. Setelah dewasa ia mendapat wahyu Cakraningrat, suatu wahyu yang dapat menurunkan raja-raja besar. 

Dalam olah keprajuritan ia mendapat ajaran dari ayahnya, Arjuna. Sedang dalam olah ilmu kebathinan mendapat ajaran dari kakeknya, Begawan Abiyasa. Abimanyu tinggal di kesatrian Palangkawati, setelah dapat mengalahkan Prabu Jayamurcita.


Baca Juga: Mengenal Batara Surya, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Watak tidak Suka Marah

Wujud dan Sifat Abimanyu

Dalam pewayangan Jawa, Abimanyu mempunyai sifat dan perwatakan halus, baik tingkah lakunya, ucapannya terang, hatinya keras, besar tanggung jawabnya dan pemberani.

Sedangkang wujudnya, Abimanyu bermata liyepan, hidung walimiring, bentuk mulut salitan, bentuk jari tangan driji jalma, arah wajah luruh, posisi kaki rapet. Sunggingan badan berwarna emas, sedangkan wajahnya berwarna emas atau hijau muda. R Abimanyu mempunyai bentuk badan kecil serta bersuara besar.

Abimanyu menggunakan busana rah-irahan cewasan/pogogan, sumping kudhupturi, kalung penanggalan, kelat bahu ngangrangan,gelang tangan calumpringan, gelang kaki ngangrangan dan memakai kain bokongan sembulihan.