Mengenal Batara Surya, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Watak tidak Suka Marah

Mengenal Batara Surya, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Watak tidak Suka Marah

Foto
Wayang Batara Surya (foto: Wayang Indonesia)

Kepopuleran tokoh-tokoh hingga saat ini bisa termilang masih tinggi meski zaman telah modern. Pasalnya, hingga saat ini masih banyak orang ingin mengenali lebih dalam tokoh-tokoh wayang serpti tokoh wayang Batara Surya.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenali lebih dalam tokoh wayang Batara Surya, bisa langsung simak berikut ini.

Baca Juga: Mengenal Gatotkaca, Tokoh Wayang yang Dikenal dengan Julukan Otot Kawat Tulang Besi dan Jagoan Para Dewa

Batara Surya merupakan anak dari putera Sanghyang Ismaya dan Dewi Senggani. Dewa menguasai gerak matahari ini memiliki sepuluh saudara yaitu Sanghyang Wungkuan, Sanghyang Temboro, Sanghyang Kuwera, Sanghyang Wrahaspati, Sanghyang Syiwah, Sanghyang Surya, Sanghyang Candra, Sanghyang Yama/Yamadipati, Sanghyang Kamajaya dan Bathari Darmanasti utawa Dewi Darmanastiti.

Batara Surya sering disebut Dewa Matahari ini dikisahkan memiliki dua isteri yaitu Dewi Ngruna dan Dewi Ngruni, dimana kedua istrinya tersebut adalah kakak adik. 

Baca Juga: Mengenal Batara Wisnu, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Sifat Tegas hingga Pemaaf

Dewa andalan Kahyangan


Batara Surya disebut sebagai salah satu Dea andalan di Kahyangan karena selain sakti, ia senang memberikan pusaka dan kesaktian kepada orang-orang yang dipilihnya. Ia juga selalu menjalankan kekuasaannya dengan baik. Ia selalu memastikan surya dalam genggamannya bersinar menerangi bumi.

Bathara surya juga memiliki kereta yang ditarik oleh 7 kuda, dengan pengemudinya bernama Aruna. Dengan kereta kudanya, dirinya selalu mengelilingi bumi untuk memastikan bumi selalu diterangi oleh matahari.

Baca Juga: Mengenal Werkudara, Tokoh Wayang yang Dikenal Memiliki Hati yang Baik

Sifat Batara Surya

Bathara Surya yang memiliki dua orang putera dari Dewi Ngruni ini memiliki watak welas asih, tenang, dan tidak suka marah.