Mengenal Antibody Cocktail, Metode Pencegahan Covid-19 yang Mulai Populer di Jepang, Mengurangi Angka Kematian 70 %

Mengenal Antibody Cocktail, Metode Pencegahan Covid-19 yang Mulai Populer di Jepang, Mengurangi Angka Kematian 70 %

Foto
Ilustrasi antibody cocktail. Foto: Pixabay

Antibody cocktail, merupakan salah satu metode pencegahan Covid-19 yang mulai populer di Jepang, berkat Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga yang memperkenalkan metode ini pada Jumat 13 Agustus 2021.

Bahkan, beberapa kalangan mengatakan, antibody cocktail dapat mengurangi angka kematian sebanyak 70%.

Baca Juga:  Jokowi Pakai Sepatu Buatan Dalam Negeri dari Produk Greysia Polii Peraih Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Hal ini, sebagai respon dari kasus virus corona di Jepang semakin hari semakin mengkhawatirkan. Terutama di Tokyo yang menjadi kasus terbanyak di negara tersebut, dengan angka 5.773 kasus.

Mengenal antibody cocktail


Antibody cocktail merupakan metode pencegahan Covid-19 yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan farmasi yang berbasis di Amerika Serikat bernama Regeneron Pharmaceuticals.

Selain itu, antibody cocktail juga telah disetujui soal darurat khusus oleh Kementerian Kesehatan Jepang pada Senin 19 Juli 2021 lalu.

Kabar gembira ini, tentu sebagai angin segar untuk membuka peluang agar menjaga virus corona penyebab pandemi Covid-19 ini tidak semakin menyebar.

Pernah diberikan pada Donald Trump


Fakta menarik dari antibody cocktail adalah pernah diberikan kepada mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada tahun 2020 lalu agar tidak tertular virus corona.

Selain itu, penggunaan antibody cocktail sebagai metode pencegahan Covid-19 juga telah diberikan izin daruratnya pada November 2020 oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Mengurangi angka kematian 


Antibody cocktail yang terdiri dari gabungan antibodi monoklonal casirivimab dan imdevimab, akan mengikat permukaan virus dan mencegah virus tersebut semakin menyebar dalam tubuh.

Baca Juga:  Ini Instagram Henny Rahman yang Menikah dengan Alvin Faiz, Komentar Zikri Daulay dan Larissa Chou Jadi Sorotan

Meski disarankan pada pasien Covid-19 dengan resiko yang mendasar seperti obesitas, metode ini dinilai sangat efektif terhadap virus corona versi baru.

Bahkan, antibody cocktail dapat mengurangi resiko rawat inap hingga kematian hingga 70% pada pasien Covid-19 yang beresiko tinggi.