Ini Arti dan Makna Lengkap Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 yang Harus Kamu Tahu

Ini Arti dan Makna Lengkap Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 yang Harus Kamu Tahu

Ekel Suranta Sembiring
2021-08-07 03:59:13
Ini Arti dan Makna Lengkap Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 yang Harus Kamu Tahu
Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021 (foto: Kemen Setneg)

Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI yang jatuh pada 17 Agustus 2021 tinggal menunggu beberapa hari lagi. Kini pemerintah telah meluncurkan logo untuk mempertingati hari sangat panting bangsa Indonesia itu lengakap dengan arti dan maknanya.

Arti Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021

Melansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), menyatakan logo Kemerdekaan ke-76 RI yang telah diluncurkan itu merupakan visualisasi tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh'.

Tema 'Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh' ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan yang penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Deskripsi itu digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.

Baca Juga: ni Link Lengkap Twibbon Peringatan HUT Kemerdekaaan RI ke-76 Tahun 2021 yang Wajib Kamu Coba

Makna Logo Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 Tahun 2021

Melansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), selain menjelaskan artinya, logo tersebut juga memiliki makna. Adapun makna dari logo tersebut sebagai berikut:

Stabilitas dan pembangunan 

Bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. 

Bentuk ini melambangkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. 

Gerak dan pertumbuhan 

Bentuk '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. 

Baca Juga: Ini 8 Momen Penting Bulan Agustus, Awal Mula Kemerdekaan RI

Ruang kebersamaan 

Bentuk ini diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. 

Selain itu, dapat diasosiasikan bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan. 

Baca Juga: Ini Semangat Bung Karno Menyiapkan Naskah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia: Tetesan Air Mata Kebahagiaan

Persatuan dan harapan 

Bentuk 'lingkaran' merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Adapun bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia.

Itulah arti dan makna logo untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-76 RI. Semoga dapat membantu ya Guys!


Share :