Profil Youtuber Otomotif Ridwan Hanif Sindir Soal Rangkap Jabatan Rektor UI di Twitter

Profil Youtuber Otomotif Ridwan Hanif Sindir Soal Rangkap Jabatan Rektor UI di Twitter

Foto
Ridwan Hanif (Sumber: Int)


Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro jadi sorotan netizen. Penyebabnya lantaran Pemerintah perbolehkan rangkap jabatan rektor UI menjadi komisaris BUMN. Rektor UI bahkan jadi trending topik Twitter dengan cuitan lebih dari 60 ribu.

Salah satu yang sindir rektor UI yakni Youtuber Otomotif, yaitu Ridwan Hanif (@ridwanhr) yang turut melayangkan cuitannya.

Baca Juga: Usai Panggil BEM, Rektor UI Ari Kuncoro Ternyata Rangkap Jabatan



"Rektor UI kalau nerobos lampu merah, aturannya langsung diubah, lampu ijo jadi berhenti, merah jadi jalan," cuitnya. Selasa 20 Juli 2021.

Kemudian di tweet keduanya dia berpendapat di zaman sekarang akan menjadi aneh jika seorang rektor PTN tidak rangkap jabatan di BUMN.

"Jaman sekarang jadi aneh kalau liat Rektor PTN tapi nggak nyambi jadi komisaris BUMN," tulis Ridwan Hanif di tweet keduanya.

Cuitan tersebut pun menjadi viral dan banyak yang menyukai kemudian meretweet unggahan Ridwan Hanif tersebut.

Baca Juga: Kumpulan Komentar Kocak Netizen Soal PPKM Level 4, Plesetannya Bikin Ngakak

Sindiran dari netizen tersebut karena seperti diketahui, perubahan Statuta UI telah disahkan oleh Presiden Jokowi pada 2 Juli 2021 lalu lewat PP Nomor 75 Tahun 2021. Aturan baru ini menggantikan PP Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI.

Perubahan yang banyak disoroti dalam statuta tersebut adalah Pasal 39 Statuta UI yang baru. Pasal 39  mengubah ketentuan pada Pasal 35 statuta yang lama.

Pasal 35 dalam PP Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta UI memuat aturan yang melarang Rektor “merangkap sebagai pejabat pada badan usaha milik negara/daerah maupun swasta.”

Selain itu di butir huruf (e), Rektor UI juga dilarang merangkap sebagai “pejabat pada jabatan lain yang memiliki pertentangan kepentingan dengan UI.

Baca Juga: Mahasiswa hingga Ojek Online Gelar Aksi Tolak PPKM di Bandung, Netizen: Panjang Umur Perjuangan

Sementara di Statuta UI terbaru, pada butir (c) Pasal 39 tertulis bahwa Rektor UI dilarang merangkap “sebagai direksi pada badan usaha milik negara/swasta maupun swasta.

Aturan yang melarang Rektor UI untuk menjabat pada jabatan yang memiliki pertentangan kepentingan dengan UI sudah tak ada lagi.

Rektor UI saat ini, Ari Kuncoro diketahui juga menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama/Independen Bank Rakyat Indonesia (BRI). Profil Ari Kuncoro sebagai wakil komisaris utama/independen masih terpampang di website resmi BRI hingga saat ini.

Berikut Ini Profil Ridwan Hanif Sindir.

Nama:

 Ridwan Hanif Rahmadi

Nama Punggung:

Ridwan Hanif Rahmadi

Tempat/Tanggal Lahir:

Jakarta, 17 Maret 1991

Umur:
32
Agama:
Islam
Pendidikan:

SDI Al-Azhar Kemang

SDI Al-Azhar Tanjung Barat

SMPI Avicenna

SMA 46 Jakarta

S1 Ilmu Perpustakaan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya – Universitas Indonesia

Pekerjaan:

Usaha rental mobil autonetrentcar.com

Bisnis usaha detailing mobil

Instagram:

@ridwanhr

Twitter:

@ridwanhr

Youtube:

Ridwan hanif rahmadi dan AutonetMagz