Sosialisasi QRIS Bersama IKA UNPAD, Adrian Zakhary Dorong Awareness Digitalisasi Perekonomian Indonesia

Sosialisasi QRIS Bersama IKA UNPAD, Adrian Zakhary Dorong Awareness Digitalisasi Perekonomian Indonesia

Foto
Adrian Zakhary Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara VIII

Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar acara webinar Sosialisasi dan Edukasi tentang "Digitalisasi Perekonomian Nasional melalui QRIS". Acara digelar secara virtual Zoom Meet pada Rabu 30 Juni 2021.

Sosialisasi QRIS bersama IKA UNPAD 


Bank Indonesia (BI) bersama IKA UNPAD gelar webinar sosialisasi penggunaan dan manfaat QRIS. Acara dihadiri oleh Ketua Umum IKA Unpad Irawati Hermawan, S.H., M.H dan beberapa pengurus lainya salah satunya Adrian Zakhary Komisaris Independen PT Perkebunan Nusantara VIII. Sebagai pembicara utama hadir Rosmaya Hadi, Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia.  

Baca juga: Sosialisasi QRIS Bersama BI, Adrian Zakhary Wakili IKA Unpad Berikan Endowment Fund 

Apa itu QRIS


QRIS merupakan singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS. Merujuk laman resmi BI, QRIS merupakan sistem pembayaran digital yang dikembangkan BI agar transaksi lebih cepat dan mudah.

"Penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. Semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran yang akan menggunakan QR Code Pembayaran wajib menerapkan QRIS," tulis laman resi BI yang dikutip pada Selasa 30 Juni 2021. 

QRIS untuk dorong digitalisasi perekonomian Indonesia


Adrian menyinggung bahwa QRIS merupakan satu perkembangan model transaksi di era digital. Sebab itu menurutnya IKA UNPAD ingin ikut terlibat dalam menyebarkan informasi soal QRIS dan manfaat yang bisa didapat darinya. 

"Digitalisasi Perekonomian Nasional melalui QRIS bersama Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Padjadjaran (Unpad) bertujuan untuk meningkatkan awareness terhadap digitalisasi perekonomian di Indonesia dan diseminasi kebijakan Bank Indonesia khususnya terkait penggunaan QRIS." Ungkap Adrian. 

Baca juga: Ini Tiga Vaksin yang 'Paten' yang Lawan COVID19 Delta, Netizen Wajib Paham Nih 

Adrian Zakhary Berikan Endowment Fund lewat QRIS


Setelah sesi seminar dengan pembicara tunggal Rosmaya Hadi, Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia acara berlanjut pada agenda Endowment Fund Dana Abadi Padjadjaran. Adrian Zakhary selaku  ketua transformasi digital dan Wakil Ketua IKA UNPAD tampil memberikan Endowment Fund mewakili IKA UNPAD. 

Adrian berharap kegiatan dengan adanya QRIS bisa mempermudah para alumni UNPAD untuk berdonasi. Adrian juga mendorong agar program Dana Abadi Padjadjaran   berjalan baik dan bisa jadi sumbangsih untuk UNPAD.  

"Saya berharap para alumni yang ingin memberikan Endowment Fund kepada Unpad, sebagai Dana Abadi, bisa lebih dipermudah dengan adanya QRIS ini. Bagi para alumni, ayo kita manfaatkan program ini untuk memberikan sumbangsih kita untuk Almamater tercinta, dan bersama-sama kita jadikan #UnpadOnTop baik dari sisi akademi, alumni hingga menghasilkan karya untuk negeri," ungkap Adrian