Menengok Kinerja 6 Tahun Jokowi Memimpin Indonesia
Foto
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Instagram/jokowi

Menengok Kinerja 6 Tahun Jokowi Memimpin Indonesia

Pemerintahan Presiden Jokowi memasuki tahun ke-6. terdapat beberapa pencapaian yang berhasil ditorehkan oleh seorang Joko Widodo.

Salah satu prestasi Jokowi mengenai pembangunan insfrastruktur yang telah dimulai dari tahun 2015 sampai 2017.

Seperti, terbangunnya jalur kereta api sepanjang 369 km, terbangunnya 11 bandara baru, terbangunnya 397 kilometer jalan tol, tekahir yang terpenting adalah sudah beroperasinya transportasi massa moderen LRT dan MRT di Jakarta.


Tidak hanya membangun insfrastruktur, Presiden Jokowi juga berhasil masuk dalam daftar 50 besar tokoh Islam yang paling berpengaruh di dunia.

Baca Juga: Kilas Balik Perjalanan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin Selama Setahun

Dalam edisi 2019 yang dirilis oleh The Royal Islamic Strategic Studies Center, Presiden Jokowi berad di urutan ke-16 dari 500 tokoh muslim berpengaruh di dunia.

Kemudian, Menurut survei Indo Barometer menunjukan sebanyak 70,1 persen publik merasa puas atas kinerja presiden Jokowi.

Pada tahun 2019, Presiden Jokowi diangrahi Asian of The Year dari media The Straits Times Singapura.

Menganai meratanya insfrastruktur, Presiden Jokowi telah membangun pelabuhan laut dalam di Sorong, Manokwari, Jayapura, dan Marauke.

Tidak hanya itu, Jokowi juga membangun jalan yang menghubungkan kota di Jayapura.

Di pulau Sumatera, Jokowi telah membangun jalan tol Trans Sumatera tahap yang menghubungkan Lampung-Palembang-Indralaya.

Di tahun ke-6, Presiden Jokowi berhasil membubarkan petral dan dapat menghemat anggraan Rp 250 miliar per hari.

Presiden Jokowi juga telah membangun infrastruktur di perbatasan di Kalimantan. Seperti Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat.

Baca Juga: Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen

Dalam penanganan stunting, Presiden Jokowi sangat memperhatikan dan berkomitmen untuk memerangi stunting di Indonesia. Begitu juga kemiskinan dan pemerataan pembangunan.

Dalam hal perbaikan Pendidikan, Presiden Jokowi telah menganggarkan APBN 2019 sebesar 20 persen untuk pendidikan.

Mengenai perjalanan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin selama setahun, terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan, khususnya perkembangan melawan pandemi corona di Indonesia.

Berikut kilas balik perjalan pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin selama setahun terakhir. 

Presiden Jokowi secara mengejutkan menunjuk Prabowo Subianto yang merupakan rival Pilpres dan diangkat menjadi Menteri Pertahanan.


Saat dia memperkenalkan kabinet baru yang bernama Kabinet Indonesia Maju, Jokowi memperkenalkan Prabowo Subianto dan beberapa nama baru. Salah satunya politikus Partai Gerindra Edhy Prabowo yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Oleh THe Straits Times Singapura, Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019. Wajah Jokowi terpampang di halaman depan dengan keterangan 'respected leader at home and abroad'.

Pada momen Hut ke-75 RI, Presiden Jokowi memberikan tanda jasa Bintang Mahaputera Nararya kepada dua tokoh yang dikenal selalu mengkritik kebijakan pemerintah, yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah, dua tokoh yang duduk di kursi Pimpinan DPR periode 2014-2019. Fahri dan Fadli adalah dua dari 55 nama yang mendapat bintang tanda jasa dari Jokowi.



Tag :

6 tahun jokowisetahun jokowi-ma'rufsatu tahun jokowi-ma'ruf jokowima'ruf aminvirus coronapandemi corona

Artikel Terkait :

  • Mengulas Kehebatan Kapal Perang Korvet Saar 6 Israel Buatan Jerman

  • DPRD DKI Jakarta Usulkan Naik Gaji, Anggaran Rencana Kerja Tahunan Hingga Rp 8,38 Miliar

  • Pemerintah Sebut Vaksinasi Akan Percuma Jika Tak Didukung 3M

  • Fakta Paling Baru Menaker Ida Fauziyah Positif Corona


  • Share to: