Kilas Balik Perjalanan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin Selama Setahun

Kilas Balik Perjalanan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin Selama Setahun

Ahmad
2020-10-20 09:13:59
Kilas Balik Perjalanan Pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin Selama Setahun
Tidak terasa sudah setahun Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024.

Tidak terasa sudah setahun Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2019-2024.

Terdapat beberapa perubahan yang cukup signifikan, khususnya perkembangan melawan pandemi corona di Indonesia.

Berikut kilas balik perjalan pemerintah Jokowi-Ma'ruf Amin selama setahun terakhir.

Merangkul Prabowo

Presiden Jokowi secara mengejutkan menunjuk Prabowo Subianto yang merupakan rival Pilpres dan diangkat menjadi Menteri Pertahanan.

Saat dia memperkenalkan kabinet baru yang bernama Kabinet Indonesia Maju, Jokowi memperkenalkan Prabowo Subianto dan beberapa nama baru. Salah satunya politikus Partai Gerindra Edhy Prabowo yang menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Jokowi menjadi Asian of The Year

Oleh THe Straits Times Singapura, Jokowi dinobatkan sebagai Asian of The Year 2019. Wajah Jokowi terpampang di halaman depan dengan keterangan 'respected leader at home and abroad'.

Angkat Ahok  jadi Komut Pertamina

Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menjadi Komisaris Utama Pertamina. Meski begitu, mantan Wakil Gubernur dan Gubernur DKI Jakarta itu tetap ikut proses seleksi.

Baca Juga: Sri Mulyani Tolak Pajak Mobil Baru 0 Persen

Pemilihan bos Pertamina tidak bisa sembarangan, namun harus melalui sidang Tim Penilai Akhir (TPA) yang diketuai Presiden RI. Ahok sah menjadi Komut Pertamina pada 25 November 2019.

Terungkapnya misteri Novel Baswedan

Peristiwa penyiraman air keras terhadap penyidik KPK Novel Baswedan memang sudah terjadi pada 17 April 2017. Namun, kasusnya berlarut-larut. Jokowi memerintahkan para penegak hukum bekerja cepat mengungkap pelakunya.

Tepat, 26 Desember 2019, polisi menyatakan berhasil mengamankan pelaku penyerangan, yakni Ronny Bugis dan Rahmat Kadir. Keduanya kemudian dijatuhi hukuman 2 tahun dan 1,5 tahun bui.

Usir kapal China di Natuna

Isu geopolitik ini menjadi pembuka tahun 2020. Kapal-kapal China memasuki Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di laut Natuna. Kementerian Luar Negeri China bersikukuh kapal mereka sah berada di wilayah itu.

Jokowi turun tangan. Dia berkunjung ke Natuna, 8 Januari 2020. "Hari ini saya ingin memastikan dan memberitahukan bahwa Kepulauan Natuna adalah teritorial kita yang masuk dalam wilayah NKRI," kata Jokowi, dilansir Antara.

Sehari berselang, kapal-kapal China di Natuna dilaporkan keluar dari ZEE

Petempur ISIS Dilarang Pulang

Presiden Jokowi tegas menolak kepulangan petempur ISIS ke Indonesia. Sikap ini demi melindungi ratusan juta penduduk Indonesia dari gangguan keamanan. Jokowi meminta 689 orang kombatan ISIS asal Indonesia diidentifikasi supaya bisa dicegah masuk Indonesia.

Marah dan ancaman reshuffle

Jokowi memarahi para menterinya pada rapat 18 Juni. Sebabnya, para menteri bekerja seperti kondisi normal bukan pandemi corona. Dia mengancam reshuffle.

Bentuk Komite Penanganan Covid

Lewat Perpres No 82 Tahun 2020 yang dia teken pada 20 Juli 2020, Jokowi membentuk Komite Penanganan Corona Virus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Komite dipimpin Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dengan Erick Thohir sebagai Ketua Pelaksana.

Baca Juga: Vaksin Corona Asal China Lolos Uji Klinis Fase III, Siap Diedarkan di Indonesia

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 diganti nama menjadi Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Beri bintang jasa ke Fadli Zon-Fahri Hamzah

Pada momen Hut ke-75 RI, Presiden Jokowi memberikan tanda jasa Bintang Mahaputera Nararya kepada dua tokoh yang dikenal selalu mengkritik kebijakan pemerintah, yakni Fadli Zon dan Fahri Hamzah, dua tokoh yang duduk di kursi Pimpinan DPR periode 2014-2019. Fahri dan Fadli adalah dua dari 55 nama yang mendapat bintang tanda jasa dari Jokowi.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30