Kisah Mistis Mantan Jurnalis di Kraton Yogyakarta, Mengaku Melihat Banyak Makhluk Gaib

Kisah Mistis Mantan Jurnalis di Kraton Yogyakarta, Mengaku Melihat Banyak Makhluk Gaib

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-24 09:00:00
Kisah Mistis Mantan Jurnalis di Kraton Yogyakarta, Mengaku Melihat Banyak Makhluk Gaib
Kraton Yogyakarta (foto: Gudetnet)

Keraton Kesultanan Yogyakarta yang terdapat di pusat kota Yogyakarta disebut-sebut salah satu tempat angker di Kota Yogyakarta. Seorang mantan jurnalis juga pernah mengalami kejadian mistis di kraton ini.

Awal ceritanya, dia menemani sang suaminya dinas di Jalan Kaliurang Yogyakarta. Selama disana dia mengaku tidak mengalami kejadian mistis. Tapi, saat sedang bermain ke Kraton Yogyakarta dia mengaku ketwmu makhluk astral.

Baca Jaga: 

Terkenal Angker! Begini Cerita Horor dan Kisah Mistis di Bioskop XXI di Yogyakarta

4 Mitos Danau Tolire di Ternate, dari Harta Karun hingga Buaya Putih Gaib

Kisah Misteri Danau Sidihoni, Danau di atas Danau, pada Musim Kemarau Airnya Naik dan pada Musim Hujan Airnya Surut

"Aku main kesana hari Selasa setelah Magrib sama supirku, suasana masih sepi. Ga tau tiba-tiba dalam hati ngomong pengen ngelihat penghuni lain kalo ada. Dan beneran gak lama muncul penampakan, tadinya kukira asap rokok, ku lihat gak ada siapa-siapa, makin lama makin jelas dan banyak muncul makhluk astral lompat-lompat di depanku," kata Yeye.

"Di daerah Bringin kembar, ada yang kayak main ayunan, disana seperti rumahnya. Di lapangannya banyak banget penampakan, aku bacain doa malah tambah banyak. Sempat pula didatangi mbah-mbah ngajak ngobrol, entah dari mana. Pas ga mempan doa arab, akhirnya aku doa pake bahasa Jawa. Kubilang buyutku dari Jogja, jangan ganggu-ganggu, terus akhirnya pergi," ucapnya Yeye.

"Mahluk astralnya macam-macam dan seram, bodi, kaki, dan tangan panjang, ada yang matanya lebar, ada yang kayak kucing, trus ada berwajah bonyet tapi bertanduk. Feelingku itu "the kingnya", kayak kebo ada tanduknya. Ada semacam prajurit tapi bentuknya tidak manusia, itu kataknya penjaga Kraton Yogyakarta. Jin dedemit sebangsa itu banyak disini," tutupnya.

Menurut kabar, Sultan pemimpin keraton ini juga dapat berinteraksi dengan Nyi Roro Kidul. Ketika keraton ingin melakukan sebuah hajatan atau acara, mitosnya Sri Sultan harus meminta doa restu kepada Nyi Roro Kidul. Bahkan bukan hanya setiap acara, tapi dalam menjalani kehidupan sehari - hari pun beliau selalu berinteraksi dengan Nyai.

Hal ini semakin dibenarkan karena dikaitkan dengan adanya sebuah bangunan di Komplek Taman Sari atau Istana di Bawah Air, tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Tempat tersebut diyakini sebagai tempat pertemuan Sultan dengan Ratu Pantai Selatan itu. Mitos ini pun terus berkembang sampai sekarang.

Museum Kereta Keraton di Yogyakarta selain menyimpan berbagai jenis kereta kencana antik yang ternyata menyimpan berbagai cerita mistis. Saat ini, museum ini memiliki koleksi 23 buah kereta kencana dari beragam masa.

Baca Juga:

Cerita Misteri Nyai Dasima, Wanita Cantik hingga Dibunuh Tragis

Kisah Mistis Gunung Peyek Terdapat Kolam Mata Air yang dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit, Benarkah?

Kisah Misterius Batu Soon, Batu yang Sering Dijuluki Sebagai Stonehenge Bondowoso

Di antara koleksi tersebut, ada sebuah kereta kencana yang paling angker, Kereta Kencana Nyai Jimat namanya. Kereta Kencana Nyai Jimat menjadi kereta kencana paling dihormati dan sudah ada sejak tahun 1750.

Konon katanya, ada beberapa pengunjung yang mengaku bisa melihat sesuatu yang tak kasat mata di kereta kuda tersebut. Beberapa pengunjung yang singgah ketempat tersebut mengaku pernah melihat penampakan Nyi Roro Kidul di dalam Kereta Kencana Kanjeng Nyai Jimat, kereta kencana yang paling dihormati diantara koleksi kereta lainnya.

Sumber: jogjauncover.blogspot.com & ceritahantukos.blogspot.com


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30