Deretan Cerita Mistis dari Toko Merah di Kota Tua Jakarta

Deretan Cerita Mistis dari Toko Merah di Kota Tua Jakarta

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-21 14:00:00
Deretan Cerita Mistis dari Toko Merah di Kota Tua Jakarta
Toko Merah di Kota Tua Jakarta (foto: heritagenet)

Toko Merah yang terletak di sisi barat Kali Besar, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat. Beralamat di Jalan Kali Besar Barat No 11, RT 7 RW 3 Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora menyimpan cerita mistis dari warga baik pengunjung. Pasalnya, Toko Merah yang menyimpan sejarah kelam ini penunggunya sering usil.

Menurut kabar yang beredar, Toko Merah ini saksi bisu pembantaian berdarah ratusan bahkan ribuan etnis Tionghoa Batavia saat zaman penjajahan oleh VOC.

Baca Juga:

5 Kisah Misteri Ikan Keramat yang hanya ada di Indonesia, Salah Satunya di Tapanuli Selatan

Stasiun Manggarai Disebut Salah Satu Tempat Terangker di Indonesia, ini Sederet Kisah Mistisnya

Disebut Angker! Ini Deretan Kisah Mistis di Gedung Saidah

Di luar sejarah panjang bangunannya, Toko Merah juga kerap dikaitkan dengan cerita misteri di dalamnya.

Jika beruntung, Anda bisa melihat seorang noni Belanda yang kerap berdiri di balik kaca jendela sedang melihat ke arah luar.

Noni Belanda yang tidak diketahui namanya itu disebut sebagai sosok yang membela etnis Tionghoa pada kejadian Geger Pecinan. Wajahnya hancur karena diinjak-injak orang Belanda dalam pembantaian besar-besaran tersebut.

Seorang penjual minuman di area Toko Merah bernama Wati menceritakan, beberapa kali menemukan adanya pengunjung yang kesurupan makhluk halus ketika berada di depan Toko Merah.

"Biasanya cewek-cewek tanggung, mungkin dia galau jadi pikirannya kosong makanya kesurupan. Kalau sudah kesurupan, biasanya teriak-teriak pakai bahasa Belanda, saya tidak ngerti artinya apa," aku Wati.

Menurut kesaksian warga sekitar bernama Ali sudah tinggal sejak 60 tahun silam mengatakan, sebelum kawasan kota tua menjadi lokasi wisata yang ramai seperti saat ini, dirinya bahkan pernah mendengar rintihan dari dalam gedung. 

“Bangunan ini dulu bekas pembantaian orang Tionghoa, menurut kabar beredar kebanyakan korbannya wanita, saya berdagang di sekitar sini sering sekali dengar perempuan nangis, padahal gak ada siapa-siapa.” Kata Ali.

Tidak hanya itu, seorang petugas bernama Saipullah juga pernah mengalami kejadian mistis. Saat tengah kerja parkir pada malam hari, dia lihat sesosok wanita bergaun putih dengan rambut panjang tergerai. Figur itu ada dengan mendadak di salah satunya jendela gedung. 

"Saya spontan memalingkan pandangan. Tetapi sebab ingin tahu saya lihat serta nyatanya telah hilang. Insiden penampakan semacam itu seringkali saya lihat," jelasnya.

Insiden lain yang sempat mengundang kecemasan masyarakat sempat juga berlangsung di muka Toko Merah. Satu sore, dia lupa kapan tepatnya hari insiden, seorang pelancong jadi korban keusilan penunggu bangunan itu. Pengunjung anak muda didapati tengah lewat serta dengan maksud menyimpan gambar Toko Merah dengan kameranya.

Baca Juga:

6 Kisah Misterius Mengerikan Dibalik Karakter Animasi Anak-anak, Nomor 6 Paling Ngeri

Deretan Kisah Mistis di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Salah Satu Dibantai Jin Usil

Deretan Kisah Mistis di Gedung Kemenkeu, dari Mendengar Suara Derap Kaki hingga Melihat Mesin Tik Berjalan Sendiri

"Mendadak ia terjatuh serta berteriak-teriak aneh, tidak gunakan bahasa Indonesia, entahlah bahasa apa. Nyatanya ia kerasukan. Beberapa orang pada hadir. Serta sesudah diobati, ia katakan saat akan memphoto gedung, ada sesosok bukan manusia yang masuk ke frame photo kameranya," urai ia.

Menurut Saipullah, kejadian-kejadian bau gaib semacam ini berlangsung tidak menentu. Siang, sore atau malam, sering ada keisengan dari penunggu yang dilukiskan wanita itu. 

"Jika ia ingin memperlihatkan diri ada kapan juga, seenaknya," sebut pria itu.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30