5 Kisah Misteri Ikan Keramat yang hanya ada di Indonesia, Salah Satunya di Tapanuli Selatan

5 Kisah Misteri Ikan Keramat yang hanya ada di Indonesia, Salah Satunya di Tapanuli Selatan

Ekel Suranta Sembiring
2020-08-21 13:00:00
5 Kisah Misteri Ikan Keramat yang hanya ada di Indonesia, Salah Satunya di Tapanuli Selatan
Ikan Keramat Dewa Cibulan (foto: kuninganrepost)

Mitos atau legenda di beberapa tempat, khususnya tempat wisata di Indonesia menjadi daya tarik tersendiri untuk dinikmati. Selain mitos akan sosok-sosok misterius, mitos tentang hewan-hewan di Indonesia menarik untuk disimak. Karena ternyata ada hewan yang dianggap keramat oleh sebagian orang, bisa karena faktor budaya atau hanya mitos yang turun-temurun.

Salah satu hewan yang kayak akan mitos adalah ikan. Disebutkan terdapat sejumlah ikan yang dikeramatkan di Wilayah Indonesia. Mengapa ikan-ikan ini dikeramatkan? Padahal sejatinya ikan adalah makanan sehari-hari untuk manusia. Berikut ikan-ikan keramat di Indonesia:

Baca Juga:

Stasiun Manggarai Disebut Salah Satu Tempat Terangker di Indonesia, ini Sederet Kisah Mistisnya

Disebut Angker! Ini Deretan Kisah Mistis di Gedung Saidah

6 Kisah Misterius Mengerikan Dibalik Karakter Animasi Anak-anak, Nomor 6 Paling Ngeri

1. Ikan Keramat Dewa Cibulan

Di cirebon, ada tempat wisata pemandian air dingin Cibulan. Pemandian ini menjadi salah satu objek wisata tertua di daerah Kuningan. Kedua kolam disini dihuni oleh puluhan ikan kancra bodas atau masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai ikan dewa. 

Uniknya pada saat air kolam dikuras, ikan-ikan yang tadinya berada didalam kolam seakan-akan hilang entah kemana, dan ketika kolam kembali diisi airnya, ikan-ikan dewa tadi akan muncul kembali dengan jumlah yang sama seperti sebelum kolam dikuras airnya.

Konon ketika air kolam dikuras, ikan-ikan berpindah ke kolam Cigugur, Kecamatan Cigugur. Mitosnya, ikan-ikan dewa didalam kolam pemandian air dingin Cibulan ini adalah prajurit-prajurit yang membangkang pada masa Pemerintahan Prabu Siliwangi, sehingga Prabu Siliwangi mengutuk mereka menjadi ikan. 

Sejak dulu ikan-ikan dewa ini tidak pernah bertambah ataupun berkurang jumlahnya. Hingga saat ini tidak ada yang berani mengambil ikan disana, karena dipercaya akan mendapat kemalangan.

2. Ikan Keramat di Gua Ngerong

Sungai dengan banyak hilir mudik ikan dialiran airnya tentu menggoda minat seseorang untuk mengambilnya. Namun hal itu tidak berlaku di Gua Ngerong, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Walau disungainya terdapat ribuan ekor ikan berbagai jenis dan ukuran. tak ada seorang pun yang berani mengusik keberadaan ikan-ikan itu karena dikeramatkan.

Konon bila ada yang berani melanggar pantangan itu, diyakini orang tersebut akan segera mendapat musibah. Hanya ikan-ikan yang melewati daerah batas jembatan saja yang diizinkan untuk diambil oleh warga dan dikonsumsi. Mitos ini seolah menjadi pagar betis alami guna melindungi kelestarian ikan-ikan itu. Ikan keramat ini menjadi daya tarik wisata Gua Ngerong.

3. Ikan Keramat di Desa Rianiate

Danau Siais di Desa Rianiate, Angkola Sangkunur, Tapanuli Selatan, dihuni ikan jurung yang dikeramtkan. Penduduk sekitar percaya ikan ini tidak boleh dimakan, sehingga ikan jurung berkembang biak cukup banyak di Danau Siais. 

Penduduk mempercayai jika memakan ikan jurung dari danau tersebut, kelak akan langsung berumur pendek atau bisa terkena musibah. Ikan ini diyakini menjadi berkah untuk Tapanuli Selatan. 

4. Ikan Lele Keramat di Telaga Ranjeng

Telaga Ranjeng di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, dibangun pada 1924, sebagai bagian dari kawasan cagar alam milik Perhutani Pekalongan Timur. Berada di bawah kaki Gunung Slamet, cagar alam seluas 48,5 hektar ini terdiri dari Hutan Damar dan Hutan Pinus yang mengelilingi Telaga.

Dahulu kala Telaga Ranjeng diyakini merupakan tempat mandi para tokoh kerajaan di Jawa. Udara sejuk dan pemandangan hutan lindung yang hijau serta ribuan ikan lele jinak yang dianggap keramat menjadi daya tarik tersendiri.

Pengunjung dipersilahkan untuk memberi makan ikan-ikan keramat. Menurut penurutan warga setempat, pada 1988, banyak penduduk lokal yang menyaksikan adanya ikan raksasa di telaga.

Baca Juga:

Deretan Kisah Mistis di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Salah Satu Dibantai Jin Usil

Deretan Kisah Mistis di Gedung Kemenkeu, dari Mendengar Suara Derap Kaki hingga Melihat Mesin Tik Berjalan Sendiri

Bikin Merinding! Ini Beberapa Kisah Seram Driver Ojol dan Penumpang yang Kesurupan

5. Ikan Lele Keramat di Kawasan Rambut Monte

Rambut Monte adalah nama sebuah candi berbentuk segiempat dari batu andesit. Berada di Kabupaten Blitar, disini terdapat sebuah telaga berair jernih dan tenang.

Konon ikan dewa dikolam ini merupakan wujud sebuah kutukan dari seorang guru pada murid yang tidak mentaati perintah. Pada sekitar jaman Majapahit, terjadi pertempuran sengit antara Rahwana, tokoh jahat dalam pewayangan yang dibantu seekor naga melawan Bahmonte. Singkat cerita, Rahwana dan naga tersebut bertekuk lutut, kemudian mereka dikutuk menjadi Candi Monte.

Sedangkan ikan dewa sendiri merupakan wujud dari seorang muridnya yang diminta untuk menjaga candi tersebut, namun ia tidak mematuhi perintah. Masyarakat setempat sangat menyakini ikan keramat tersebut tidak boleh disentuh ataupun dimakan.

Sumber: On The Spot


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24