Unik! Ternyata Hewan Ini Masih Dapat Bereproduksi Meski Telah Mati

Unik! Ternyata Hewan Ini Masih Dapat Bereproduksi Meski Telah Mati

Alpandi Pinem
2020-06-09 06:00:00
Unik! Ternyata Hewan Ini Masih Dapat Bereproduksi Meski Telah Mati
Serangga Tongkat


Semua makhluk hidup pastinya bisa bereproduksi ketika masih hidup. Namun, dilihat dari serangga tongkat ini tetap bisa menghasilkan keturunan meski sudah mati.

Sebuah tim yang dipimpin oleh para peneliti dari Kobe University menemukan, meski seekor serangga tongkat telah ditelan oleh burung, sel telur yang terletak di dalam tubuhnya masih bisa bertahan hidup.

Tak hanya itu, sel telur tersebut dapat melakukan perjalanan melalui saluran pencernaan burung. Peneliti juga menemukan, 5 hingga 20 persen sel telur yang ikut tertelan burung tersbeut bisa dikeluarkan tanpa mengalami kerusakan.

Baca Juga : Wah! Jenis Burung Ini Kuat Terbang Belasan Ribu Kilometer

Telur-telur tersebut keluar melalui kotoran burung yang menjadi tempat hangat dan nyaman baginya. Telur itu bahkan dapat menetas dan tumbuh sebagai serangga di sana. Dengan kata lain, serangga tongkat ini telah mengubah kematian menjadi peluang yang luar biasa untuk mendapatkan keturunan.

Ternyata keunikan serangga tongkat tak hanya itu saja. Mereka juga memiliki karakteristik lain yang tidak biasa, yaitu sifat parthenogenic. Artinya, mereka dapat menghasilkan telur yang layak tanpa perlu adanya pembuahan.

Invasi Serangga Tongkat


Kasus ini memang agak mirip dengan apa yang dilakukan tanaman di mana biji yang tertelan masih bisa tumbuh. Biji tanaman yang tertelan oleh hewan bisa bertahan berkat lapisan keras pada biji. Hingga akhirnya terbawa melintas jarak yang jauh dan terdistribusi puluhan kilometer.

Begitu juga pada serangga tongkat. Asal telur serangga tongkat cukup kuat untuk bertahan hidup melalui saluran pencernaan pemangsa, serta cukup kuat untuk hidup sendiri setelah telur menetas, secara teoritis mereka dapat menyebar sejauh pemangsa mereka pergi.

Peneliti juga berhipotesis bahwa dimakan oleh burung adalah salah satu cara yang membuat serangga berhasil memperluas habitatnya. Itu berarti, dengan memanfaatkan pemangsa atau burung, serangga dapat melompat dan melintasi pulau sehingga menyebar ke pelosok dunia yang terpencil. Nyatanya, serangga tongkat memang tersebar di mana-mana. Saat ini mereka ditemukan di setiap benua kecuali Antartika.

Baca Juga : Inilah Daftar 7 Hewan Paling Berbahaya dari Asia dan Salah Satunya dari Indonesia

"Langkah kami selanjutnya adalah menganalisi struktur genetik serangga tongkat," kata Kenji Suetsugu, ahli biologi yang menjadi salah satu tim peneliti dikutip dari Science Alert, Selasa (9/6/2020).

"Berdasarkan studi ini kami juga ingin menganalisis apakah struktur genetika serangga tongkat dapat ditemukan di sepanjang jalur migrasi burung. Selain itu apakah ada kesamaan genetik antara serangga tongkat dan tanaman yang bergantung pada burung untuk distribusi mereka," tambahnya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24