FESKOM UI 2023 Hadirkan Talkshow Etika Komunikasi di Era Teknologi dan AI

FESKOM UI 2023 Hadirkan Talkshow Etika Komunikasi di Era Teknologi dan AI

Ajeng Conny Pradestina
2023-11-28 10:27:14
FESKOM UI 2023 Hadirkan Talkshow Etika Komunikasi di Era Teknologi dan AI
Talkshow di Feskom UI 2023 Sabtu, 25 November 2023.

Acara tahunan Festival Komunikasi Universitas Indonesia kembali digelar tahun ini. Acara ini digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI (HIMPASKOM UI). FESKOM UI 2023 menghadirkan diskusi dalam talkshow bertama “Peran Etika Komunikasi dalam Pragmatisme Teknologi Digital dan Artificial Intelligence”.

Baca jugaGelar FESKOM, HIMPASKOM Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital

FESKOM UI 2023


Festival Komunikasi UI 2023 (FESKOM UI 2023) adalah sebuah acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI (HIMPASKOM UI). Acara ini digelar pada Sabtu, 25 November 2023 di Auditorium Gedung Komunikasi FISIP UI, Depok, Jawa Barat.

FESKOM UI 2023 hadir setiap tahun untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru sekaligus menjadi wadah silaturahmi seluruh sivitas akademika di program studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI.

Acara ini juga didukung oleh sejumlah pihak yakni Bank Indonesia, PT. Pertamina (Persero), PT. Pertamina Patra Niaga, PT. Bank Mandiri Tbk, PT. Jaminan Pembiayaan Askrindo, J99 Corp, MS Glow Beauty, PT. Garudafood Putra Putri Jaya Tbk, Y&Co, Snuff, dan Tomoro Coffee. Acara ini juga dapat tersebarluaskan dengan baik melalui media partner yaitu Urbanasia, The Conversation Indonesia, TV UI, Radio Telekomunikasi Cipta UI, Kuyou.id , Correcto.id, dan The Ekuatorial.

Talkshow Etika Komunikasi di Era Teknologi dan AI


Dalam FESKOM UI 2023, Himpaskom UI mengupas tuntas mengenai teknologi AI kini tengah berkembang. Artificial Intelligence atau AI tak bisa dipungkiri menjadi salah satu alat yang mempermudah mempercepat, dan melengkapi pekerjaan manusia. Namun pada saat bersamaan, kemampuannya untuk mengumpulkan data dari beragam sumber seringkali membenturkannya dengan aspek etika.

Hal tersebut membuat masyarakat cenderung terbelah menjadi dua kelompok yakni yang mendukung kehadiran AI dan kelompok yang justru khawatir dengan jangkauan AI. Talkshow bertama ‘Peran Etika Komunikasi dalam Pragmatisme Teknologi Digital dan Artificial Intelligence’ ini menghadirkan sejumlah narasumber kompeten.

Dipandu oleh Fira Abdurachman sebagai moderator, talkshow ini menghadirkan Erwin Haryono selaku Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Fadjar Djoko Santoso selaku VP Corporate Comunication PT. Pertamina (Persero), Karen Kusnadi selaku Communications Lead Microsoft Indonesia. Selain itu adapula Fathur Dion S selaku Penetration Tester and Cyber Security PT. Jatelindo Perkasa Abadi dan Dr. Irwansyah, S.Sos., M.A selaku Dosen Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI.

Menurut salah Erwin Haryono, AI dan teknologi digital membantu Bank Indonesia dalam menghimpun impresi masyarakat terkait krisis. Kini, BI mengembangkan QR Code Indonesia Standard (QRIS) untuk mendukung ekononomi intergrasi keuangan digital di Indonesia.

Sementara itu, Fadjar Djoko Santoso menilai sumber daya manusia tetap memegang peranan penting dalam pengambilan keputusan meskipun teknologi telah membantu untuk mengumpulkan data, memetakan pola dan memberikan rekomendasi dalam pemanfaatannya.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30


Hasil Riset Puspenpol Sebut FYP TikTok Jadi Game Changer Politik Indonesia

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 14, 2024 13:02:26


Foto: GBK Jadi Lautan Biru di Kampanye Prabowo-Gibran

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 10, 2024 20:14:24