Gelar FESKOM, HIMPASKOM Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital

Gelar FESKOM, HIMPASKOM Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital

Andrico Rafly Fadjarianto
2022-09-04 09:17:20
Gelar FESKOM, HIMPASKOM Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital
HIMPASKOM Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital (Foto: Istimewa)

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI (HIMPASKOM UI) telah menggelar Festival Komunikasi UI 2022 (FESKOM UI 2022).

Dalam FESKOM UI 2022 ini, HIMPASKOM UI menghadirkan talkshow mengenai keuntungan dan problema dunia digital.

Baca Juga: Sambut Mahasiswa Baru, HIMPASKOM Gelar Festival Komunikasi UI 3 September 2022

Tentang FESKOM UI 2022



Festival Komunikasi UI 2022 (FESKOM UI 2022) adalah sebuah acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI (HIMPASKOM UI).

FESKOM UI 2022 ini digelar pada Sabtu, 3 September 2022 pukul 08.30 WIB hingga 15.00 WIB di Mochtar Riady Social and Political Research Center, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Depok.

FESKOM UI 2022 ini digelar untuk menyambut mahasiswa baru angkatan 2022 dan menjadi wadah silaturahmi seluruh sivitas akademika di program studi Pascasarjana Ilmu Komunikasi UI.

Acara FESKOM UI 2022 didukung oleh Bank Indonesia dan turut disponsori oleh Tatalogam Group, Maxx Coffee, Soto Bu Tjondro, Coca Cola Europacific Partners, MAJA Labs, dan Kompas. Selain itu, FESKOM UI juga didukung oleh Media Indonesia, BuddyKu, Suara Mahasiswa UI, Kuyou.ID, dan Correcto sebagai media partner.

Peran Kominfo dalam Upaya Melindungi Kedaulatan Digital Indonesia



FESKOM UI 2022 mengundang Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Dr. Usman Kansong sebagai keynote speaker dan memberikan materi mengenai “Kedaulatan Digital di Era Berlimpahan”.

Dalam hal ini, Dr. Usman Kansong mengatakan bahwa Kemenkominfo memastikan data pribadi pengguna internet dan media digital aman dan terlindungi. Dengan demikian, kedaulatan digital di era keberlimpahan bisa dirasakan seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

"Kemarin di pertemuan tingkat menteri-menteri komunikasi dari negara anggota G20 kita bersepakat bahwa digitalisasi akan sifat human center, pusatnya manusia bukan dari teknologi itu sendiri. Dan hasil regulasi ini sedang kita kembangkan, pemerintah akan mengatur tentang perusahaan atau perorangan penyelenggara sistem elektronik (PSE) yang berusaha di Indonesia terdaftar secara resmi. Ini bagian dari melindungi kedaulatan digital kita," ucap Dr. Usman Kansong.

Hadirkan Talkshow Keuntungan dan Problema Dunia Digital



Setelahnya, FESKOM UI 2022 menghadirkan talkshow menarik mengenai keuntungan dan problema dunia digital. Acara talkshow ini dibalut dengan tema "Era Digital: Peluang dan Tantangan”.

Talkshow ini dihadiri oleh sejumlah narasumber dari berbagai pihak diantaranya adalah dosen Ilmu Komunikasi UI, Whisnu Triwibowo, PhD dan Dr. Firman Kurniawan, CEO FundEx,M.  Agung Wibowo, perwakilan Bank Indonesia, Puji Widodo. Talkshow ini juga dipandu Producer Metro TV News, Prima Virginia.

Whisnu mengatakan bahwa manusia dimudahkan dengan digitalisasi lewat kecepatan teknologi yang mau tidak mau membuat manusia harus beradaptasi dan multitasking.

“Teori tersebut muncul dari medium digital, jadi teori yang muncul hari ini sudah muncul sebelumnya hanya saja medianya berbeda. Maka teori sebelumnya, sebenarnya relevan diterapkan sekarang dan telah diuji berulang kali,” ujar Whisnu.

Sementara, Firman berbicara mengenai problematika dunia digital, adalah anonimitas atau memalsukan atau menyembunyikan identitas yang bisa jadi mengaburkan otentisitas manusia di hadapan teknologi.

"Manusia (pengguna) bisa saja absen dari tanggung jawab dan terjadi pendangkalan,” ujar Firman.

Sementara, Agung optimistis peluang bisnis platform digital cukup menjanjikan dengan hadirnya sejumlah aspek.

“Mahasiswa sekarang cenderung berusaha menciptakan sesuatu sehingga saat lulus mereka membuat produk, didukung universitas dan banyaknya investor. Terbukti Indonesia mampu bersaing dan menjadi nomor 2 setelah Singapura di Asia Tenggara,” ujar Agung.

Dari sisi Bank Indonesia (BI), Puji berbicara mengenai regulasi bisnis di Indonesia. Untuk itu, BI sudah menghadirkan teknologi QRIS yang memungkinkan WNI bertransaksi di luar negeri yakni Singapura, Thailand dan Malaysia hanya dengan menunjukkan barcode QRIS.

Tak hanya itu, BI juga menurunkan biaya transaksi antar bank dari Rp 6.500 menjadi Rp 2.500 melalui BI Fast.

"Sebisa mungkin dicek ulang apakah dilindungi dan di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan,” tutur Puji. 

Hadirkan Berbagai Hiburan



Tak hanya talkshow saja, FESKOM UI 2022 ini juga menghadirkan berbagai hiburan setelah talkshow. Hiburan tersebut berupa penampilan band yang menghibur para peserta dan panitia.

Tak ketinggalan pula, penampilan stand up comedy dari Patra Gumala, salah satu alumni Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi UI yang sukses menjadi komika dan penyiar radio.

Baca JugaSosok dan Fakta Ardian Hafidz Annafi, Pelajar Asal Boyolali Diterima di Tujuh Universitas Riset Top Dunia



FESKOM UI 2022 juga menyediakan doorprize yang berisi buku dari narasumber talkshow dan kaos Ghozali Everyday dari MAJA Labs.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30