KemenkopUKM Gelar Seminar di Bali, Bahas Digitalisasi Koperasi dan UMKM Berbasis WEB3

KemenkopUKM Gelar Seminar di Bali, Bahas Digitalisasi Koperasi dan UMKM Berbasis WEB3

Ajeng Conny Pradestina
2023-06-14 18:39:22
KemenkopUKM Gelar Seminar di Bali, Bahas Digitalisasi Koperasi dan UMKM Berbasis WEB3
KemenkopUKM Gelar Seminar Digital di Bali (foto: Istimewa)

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia menggelar roadshow digitalisasi koperasi dan UMKM. Kali ini seminar tersebut digelar di Bali dan menghadirkan seniman Rakajana sebagai salah satu pembicara, Seminar ini membahas bagaimana implementasi dari inovasi Web3 dan teknologi blockchain di Koperasi dan UMKM daerah.

Baca juga: Seminar MAJA Labs X Emurgo, CMO MAJA Labs Ibnu Adam: Inovasi Web3 dan NFT Buka Peluang Baru Bagi SDM

Roadshow Digitalisasi Koperasi dan UMKM


KemenkopUKM menggelar roadshow digitalisasi koperasi dan IMKM dengan tema “Transformasi Digital Koperasi & UMKM berbasis Inovasi Web 3.0 & Teknologi Blockchain”. Seminar tersebut digelar pada Rabu, 14 Juni 2023 pukul 14.00 WITA di Hilton Garden Inn, Jalan Airport Ngurah Rai, Badung Bali.

Seminar ini juga bertujuan untuk mendorong pengembangan riset dan edukasi untuk dalam waktu dekat untuk mengkoneksikan dunia Koperasi dan UKM ke inobasi berbasis Web 3.0. Sehingga diharapkan dalam jangka panjang dapat memaksimalkan potensi ekonomi digital nasional.

Dipandu oleh Tenaga Ahli PMO KemenKopUKM, Adrian Zakhary, diskusi ini menghadirkan seniman sekaligus founder HNS Studio Rakajana serta Founder & COO SuperlativeSS Adam Adha.

Dampak serta Peluang Web3 dan NFT untuk UMKM


Dalam kesempatan tersebut, baik Rakajana dan Adam Adha memberikan materi tentang dampak serta peluang yang dihadirkan oleh Web3 dna NFT untuk Koperasi serta UMKM khususnya yang ada di Bali.

Teknologi digital yang semakin berkembang ini memberi kesempatan untuk UMKM termasuk para seniman di Bali untuk mengenalkan produk mereka pada dunia. Namun, tentu ada tantangan yang harus di hadapi untuk menyelaraskan karya atau produk dengan dunia digital.

Baca juga: Seminar Nasional di STMIK Primakara, CTO MAJA Labs Ali Muthohhari: AI harus Diimbangi dengan Integritas Pelaku Bisnis

Sejumlah sektor UMKM yang terdata memiliki potensi dengan inovasi Web3 adalah UMKM E-commerce, UMKM Pertanian, UMKM Jasa, UMKM Manufaktur, hingga UMKM Teknologi.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30