Mengenal Bilung, Tokoh Wayang Jawa Suka Beri Masukan Buruk

Mengenal Bilung, Tokoh Wayang Jawa Suka Beri Masukan Buruk

Foto
Wayang Bilung (foto: MI)

Mengenali setiap tokoh wayang Jawa merupakan salah satu hal yang menarik. Pasalnya, setiap kisah tokoh-tokoh wayang Jawa itu memiliki makna yang dapat dipetik untuk jadi pembelajaran. 

Pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu tokoh wayang Jawa bernama Bilung. Bagi kamu yang ingin mengenali tokoh wayang ini, langsung saja simak berikut ini:

Baca Juga: Mengenal Bagong, Tokoh Wayang Jawa Suka Njambal Terhadap Orang Lebih Tua

Asal usul Bilung

Dalam cerita pewayangan, Bilung dengan nama lain Sarawita ini disebut tokoh berasal dari luar Jawa yaitu Melayu. Bilung yang memiliki tubuh seperti raksasa ini disebut sahabat dari Togog dan ke mana pun pergi mereka selalu berdua.

Kisahnya, Bilung sering kali menggunakan bahasa campuran Jawa & Melayu. Sosoknya juga disebut selalu menantang Petruk untuk berkelahi dan mengeluarkan suara kokok seperti ayam jago. Namun, sekali dipukul oleh Petruk, dia langsung menangis.

Baca Juga: Mengenal Petruk, Tokoh Wayang Jawa Jago Kandang Namun Mudah Berlapang Dada

Sifat dari wujud Bilung


Baca Juga: Mengenal Abimanyu, Tokoh Wayang Jawa Sangat Bertanggung Jawab dan Pemberani

Dalam pewayangan, Bilung digambarkan seperti raksasa. Sifatnya disebut cengeng, suka memberi masukan baik kepada majikannya. Namun, bila masukan itu tidak diindahkan, Bilung akan berbalik memberi berbagai masukan yang buruk.