Mengenal Bagong, Tokoh Wayang Jawa Suka Njambal Terhadap Orang Lebih Tua

Mengenal Bagong, Tokoh Wayang Jawa Suka Njambal Terhadap Orang Lebih Tua

Foto
Wayang Bagong (foto: kerjaanrimba.files.wordpress.com)

Mengenali setiap tokoh wayang Jawa merupakan salah satu hal yang menarik. Pasalnya, setiap kisah tokoh-tokoh wayang Jawa itu memiliki makna yang dapat dipetik untuk jadi pembelajaran. 

Pada kesempatan ini kita akan membahas salah satu tokoh wayang Jawa bernama Bagong. Bagi kamu yang ingin mengenali tokoh wayang ini, langsung saja simak berikut ini:

Baca Juga: Mengenal Bagal Buntung, Tokoh Wayang Jawa Hanya Memiliki Satu Kaki Namun Pemberani

Silsilah Bagong

Dalam cerita pewayangan, Bagong disebut anak bungsu dari Semar yang disebut jelmaan Batara Ismaya yang turun ke dunia bersama Togog (Batara Antaga) kakaknya. 

Namun, menurut versi Jawa Timur, mengatakan bahwa sebenarnya Semar hanya memiliki dua anak, yaitu Sarangaja dan Bagong. Di mana Bagong juga memiliki anak yang bernama Besut.

Baca Juga: Mengenal Gareng, Tokoh Wayang Jawa Cacat Fisik Namun Berprinsip Membela yang Benar

Sifat dan wujud Bagong


Bagong diceritakan memiliki ciri fisik yang sangat unik dan lucu. Pasalnya, Bagong digambarkan memiliki tubuh bulat bibirnya yang tebal seperti memble, dan matanya yang belok atau lebar.

Baca Juga: Mengenal Dewi Kunti, Tokoh Wayang Jawa Memilki Sikap yang Sangat Cocok Dicontoh Para Ibu-ibu

Bagong memiliki sebuah senjata dan selalu dibawa kemana saja, nama senjata itu Kudi. Kudi merupakan senjata yang bisa membelah dan memotong benda keras. Di mana senjata ini memiliki satu sisi yang tajam dan bentuknya melengkung seperti celurit, namun bagian pangkalnya besar.

Bagong disebut memiliki kebiasaan suka berbicara sendiri, bahkan ngalor ngidul tak jelas apa yang ia bicarakan. Ia memiliki sifat yang polos dan lugu jika dibandingkan dengan kedua kakak angkatnya, Gareng dan Petruk. Tapi sayangnya ia suka njambal alias kurang tata krama terhadap orang yang lebih tua darinya.