Ini Bacaan Zikir, Doa Lengkap Arti Saat Sedang Sakit Bagi Umat Islam

Ini Bacaan Zikir, Doa Lengkap Arti Saat Sedang Sakit Bagi Umat Islam

Foto
vacaan Zikir, Doa Lengkap Arti Saat Sedang Sakit Bagi Umat Islam (Sumber Foto: Int).


Doa kesembuhan orang sakit dipanjatkan pada Allah SWT agar segera mengangkat gangguan yang dialami. Karena berdoa itu adalah bacaan untuk menjaga kebaikan dan mencegah terjadinya keburukan. Dengan berdoa kita memohon dan mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT. 

Tak hanya doa untuk melakukan aktivitas. Ini ada doa untuk yang sedang sakit. Kita berdoa agar penyakit itu akan dapat terangkat. 

Baca Juga: Ini Cara Salat Rebo Wekasan Lengkap Doa dan Arti Dalam Islam

Berikut ini beberapa doa sedang sakit.

Doa Ketika Sakit

Dua doa yang bisa diamalkan ketika sakit agar diberikan kesembuhan oleh Allah. Doa ini dikutip dari Buku 70 Doa Harian Anak oleh Fathuri Ahza Mumtaza.

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma Rabban nasi, adzhibil ba’sa isyfi anta asy-syafi la syifa’a illa syifauka syifaan la yughadiru saqman.

Artinya: “Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkan lah, engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit.”

Adapun bacaan doa minta kesembuhan lainnya yang bisa diamalkan sebagaimana terkandung dalam surat Al-Anbiya ayat 83:

رَبِّي أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ

Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar roohimiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Baca Juga: Ini Doa Terbangun Tiba-Tiba di Tengah Malam, Membantu Menenangkan Diri

Berdoa dengan Doa Nabi Yunus

Imam Ahmad dalam Musnadnya dan at-Tirmidzi dalam jami' at-Tirmidzi meriwayatkan dari hadis Sa'd bin Abi Waqqash dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, beliau bersabda:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

"Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) ketika ia berada di perut ikan adalah: laa ilaha illa anta subhaanaka innii kuntu minadzzoolimiin (Tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Engkau. Mahasuci Engkau, Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zhalim).' (QS. Al-Anbiyaa:87) Tidaklah seorang muslim berdoa dengannya pada sesuatu, maka Alah akan mengabulkannya (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Ini Doa Lengkap Saat Hujan Turun Hingga Reda Beserta Artinya

Membaca Surat Al-Fatihah

Diriwayatkan dari 'Abdul Malik bin Umair, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Faatihatul Kitaab (surat al-Fatihah) adalah penyembuh dari segala penyakit" (ad-Darimi dan al-Baihaqi)

Membaca Laa haula wala quwwata illa billah

Diriwayatkan dari Abu Hurairah, dari Rasulullah beliau bersabda,

"Barangsiapa mengucapkan laa haula walaa quwwata ilaa billaah, maka bacaan itu menjadi obat bagi 99 macam penyakit, yang paling ringan darinya adalah kedukacitaan" (HR. al-Hakim).

Baca Juga: Ini Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Badan, Agar Kamu Dapat Pahala dan Keturunan yang Baik

Dzikir Saat Sedang Sakit

Dalam riwayat Imam al-Tirdmidzi, Sahabat Nabi Abu Said al-Khudri dan Abu Hurairah pernah mendengar pesan Rasulullah Saw. mengenai bacaan zikiran atau doa yang apabila dibaca saat sakit, kemudian orang yang sakit itu meninggal, maka ia tidak akan terkena api neraka.

Maka bacalah zikir ini:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

La ilaha illallah wallahu akbar, la ilaha illallah wallahu wahdah, la ilaha illallah wallahu wahdahu la syarika lah, la ilaha illallah wallahu lahul mulku wa lahul hamdu, la ilaha illallah wallahu wa la haula wa la quwwata illa billah.

“Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar. Hanya Allah Zat Yang Menjadi Tuhan. Hanya Allah Tuhan Yang tiada tuhan menyainginya. Tiada Tuhan selain Allah, pemilik kerajaan dan pujian. Tiada Tuhan selain Allah, tidak upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.”