Ini Doa Lengkap Saat Hujan Turun Hingga Reda Beserta Artinya

Ini Doa Lengkap Saat Hujan Turun Hingga Reda Beserta Artinya

Foto
Doa Hujan (Sumber: Int)


Sebagian wilayah di Indonesia belakangan ini kerap diguyur hujan, mulai dari hujan ringan, gerimis, hingga hujan deras yang disertai petir dan angin. Bahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Tanah Air yang berlangsung selama sepekan ke depan.

Turunnya hujan merupakan salah satu keberkahan dari Allah SWT yang bisa kita rasakan. Melalui hujan setiap mahluk hidup di bumi bisa mendapatkan air sebagai sumber kehidupan.

Itulah mengapa, sudah selayaknya, saat turun keberkahan seperti halnya hujan, sebagai hamba-Nya perlu mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa.

Baca Juga: Ini Doa Sebelum dan Sesudah Berhubungan Badan, Agar Kamu Dapat Pahala dan Keturunan yang Baik

Berikut inilah bacaan doa saat turun hujan lengkap beserta artinya dilansir dari berbagai sumber:

Doa Ketika Turun Hujan

Di dalam hadits yang telah diriwayatkan Aisyah, Nabi Muhammad SAW selalu mengucap syukur ketika hujan turun dengan senantiasa mengucapkan:

اللَّهُمَّ صَيِّباً نَافِعاً

"Allahumma shoyyiban nafi'an"

Artinya:

"Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat"

Doa ketika Turun Hujan Lebat

Apa pun yang Allah SWT berikan sudah seharusnya disyukuri. Hal itu merupakan nikmat yang telah diberikan kepada manusia di bumi.

Satu di antara contohnya, ketika diberikan hujan yang lebat, seharusnya tetap mengucapkan syukur dengan memanjatkan doa-doa. Doa ketika turun hujan yang lebat, sebagai berikut:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

"Allahumma haawalaina wa laa 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari."

Artinya:

"Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Baca Juga: Bacaan Doa lengkap Saat Minum Obat Agar Tidak Menjadi Racun

Doa ketika Turun Hujan Disertai Angin

Terkadang, hujan juga bisa turun disertai angin yang kencang serta petir, yang biasanya membuat orang-orang merasa ketakutan. Apalagi, jika manusia mengingat bahwa Allah juga pernah menjadikan hujan sebagai azab bagi kaum Nabi Nuh yang durhaka.

Mereka yang tak mengikuti seruan Nabi Nuh untuk menyembah Allah, seketika itu juga tenggelam dan tewas di dalam banjir bah.

Maka itulah, ketika hujan disertai angin, Rasulullah juga mengajarkan kaumnya untuk berdoa meminta perlindungan. Berikut bacaan doa ketika hujan disertai angin kencang:

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

"Allaahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a'uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih"

Artinya:

"Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya."

Doa Ketika Turun Hujan Disertai Petir

Saat turun hujan disertai petir juga akan membuat suasana mencekam karena petir menyambar dan akan membuat takut.

Bagi manusia yang beriman dan bertakwa dianjurkan untuk selalu memanjatkan doa ketika turun hujan yang juga disertai dengan petir, dengan doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih."

Artinya:

"Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya."

Baca Juga: Bacaan Doa Niat Puasa Arafah Sebelum Idul Adha Lengkap Arti dan Keutamaannya, Senin 19 Juli 2021

Doa Setelah Hujan Reda

Muthirnaa bu fadhlillahi wa rahatihi.

Artinya: Kita diberi hujan karena keutamaann dan rahmat-Nya.

Selain doa turunnya hujan, Rasulullah juga menganjurkan untuk melafalkan doa setelah hujan reda.

Rasulullah bersabda: “Pada pagi hari, di antara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir (kepada-Ku).

Siapa yang mengatakan, “Muthrna bi Fadhlillaahi wa rahmatih” (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah), maka dialah yang beriman kepada_ku dan kufur terhadap bintang-bintang.

Sedangkan siapa yang mengatakan, “Muthirna binnai kadza wa kadza’ (kita diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini), maka dialah yang kufur kepada-Ku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Bukhari dan Muslim).