Ini Reaksi Gibran Usai Instagram Pemkot Solo Diretas

Ini Reaksi Gibran Usai Instagram Pemkot Solo Diretas

Foto
Reaksi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka setelah akun resmi Instagram Pemerintah Kota (Pemkot) Solo @pemkot_solo diretas sejak Jumat (8/10/2021) malam WIB. (Sumber: Int).


Akun Instagram resmi Pemkot Solo, @pemkot_solo baru-baru ini diretas. Terlihat peretas mengunggah sejumlah foto dan story meme maupun iklan internet sekitar pukul 23.00 hingga 01.00 WIB.

Salah satunya muncul gambar aktor sekaligus pegulat Dwayne Johnson alias The Rock dengan keterangan "sus". Di gambar lain ada buah apel berwajah sinis.

Bahkan ada juga video iklan penyedia internet Indihome yang diunggah di story Instagram. Unggahan lainnya berupa video-video lucu, seperti orang terjatuh saat bermain papan seluncur.

Baca Juga: Akun Instagram Pemkot Solo Diretas, Unggah Video Lucu dan Video Iklan

Kronologi 


Kabar diretasnya akun Instagram @pemkot_solo dikonformasi oleh Kepala Bagian (Kabag) Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemkot Solo Wahyu Kristina pada Sabtu  pagi, 9 Oktober 2021.

Dalam keterangan, Kristina menginformasikan bahwa akun resmi milik Pemkot Solo sedang mengalami peretasan. Saat ini proses pemulihan.

“Kronologi sejak Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 16.29 WIB, akun IG pemkot_solo terkena hack,” kata Kabag Prokompim yang akrab disapa Ina, Sabtu, 9 Oktober 2021.

Kemudian dia menjelaskan bahwa dalam peretasan akun resmi Pemkot Solo itu, email yang digunakan untuk mengakses akun tersebut juga diganti oleh pelaku sehingga admin akun Instagram @pemkot-Solo sejak saat itu tidak dapat login.

“Saat ini kami sedang memproses laporan ke Facebook selalu pemilik Instagram. Mohon maaf atas ketidaknyamannya,” ujarnya.

Baca Juga: Web Resmi DPR RI Sempat Diretas Jadi Dewan Penghianat Rakyat

Laporkan ke Facebook


Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan bahwa saat ini pihaknya membuat laporan ke Facebook setelah akun Instagram resmi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, @pemkot_solo diretas.

"Sudah dilaporkan ke Facebook, tidak tahu juga indikasi peretasan, biar diurus Facebook," kata Gibran, Sabtu (9/10/2021).

Baca Juga: Situs Informasi Corona DKI Diretas Setelah Anies Baswedan Bicara di Mata Najwa

Kemudian, Gibran meminta masyarakat Solo mengunjungi akun pribadinya jika mereka ingin mencari informasi agenda Pemkot.

Gibran mengatakan bahwa peretasan ini tak menjadi soal dan menjadi pelajaran bagi pihaknya untuk berhati-hati.

"Kalau ingin melihat agenda Pemkot lihat akun saya, tidak apa-apalah untuk pelajaran kita juga agar lebih berhati-hati," tuturnya.