Cerita Mistis di Monumen Pasar Nongko di Solo, Lokasi Kekejaman Belanda hingga Sering Terdengar Suara Tangisan

Cerita Mistis di Monumen Pasar Nongko di Solo, Lokasi Kekejaman Belanda hingga Sering Terdengar Suara Tangisan

Foto
Monumen Pasar Nongko di Solo (foto: http://kekunaan.blogspot.com/)

Monumen Pasar Nongko yang berada di Kecamatan Banjarsari, Solo menyimpan sejarah kelam dan cerita mistis yang melegenda. Konon, dulu di monumen ini sering terdengar suara tangisan menakutkan.

Menlansir dari akun Instagram @misterisolo, menurut cerita lokasi tersebut merupakan saksi kekejaman penjajah Belanda. Diceritakan juga, dulu para tentara Belanda menyerang para perawat dan pengungsi disana dengan keji.

Baca Juga: Cerita Mistis di Palang Joglo Surakarta, Konon Pernah Dihuni Jin dan Peri Brutal


Pasca penyerangan itu, pihak tentara Indonesia tidak tinggal diam dan langsung melakukan pengejaran hingga di Ngapeman. Para tentara Indonesia sukses menumpas 7 pasukan baret hijau penjajah. 

Akibat tidak terima, pihak Belanda meluncurkan serangan balasan terhadap Indonesia. Mereka menyerang warga sipil secara membabi buta di daerah Pasar Nongko. Serangan ini menyebabkan puluhan orang Indonesia tewas.

Baca Juga: Cerita Mistis Kuncen Gunung Guntur, Beberkan Lokasi Angker hingga Beberapa Pantangan

Misteri Solo mengatakan, peristiwa itulah menjadi pemicu dibangunnya monumen pasar Nongko itu. Monumen itu diresmikan pada 10 November 1980. Di monumen itu tertulis nama-nama korban kebiadaban tentara penjajah pada jaman dahulu. 

Baca Juga: Cerita Mistis Patung Gandrung di Alas Gumitir Banyuwangi, Sering Bergerak Sendiri hingga Tempat Para Arwah

Ia juga mengatakan, berdirinya monumen itu penduduk sekitar percaya mengurangi peristiwa angker yang sering muncul di sekitar lokasi kejadian pembantaian ini.

"Dulu sebelum dibangun monumen, bukan hal yang aneh jika di malam hari muncul tangisan bahkan erangan kesakitan yang tidak tahu darimana asalnya di sekitar Pasar Nongko. Bahkan kadang muncul penampakan mengerikan di sekitar perempatan didirikan monumen ini," tulisnya seperti dikutip Correcto.id.