Cerita Mistis Patung Gandrung di Alas Gumitir Banyuwangi, Sering Bergerak Sendiri hingga Tempat Para Arwah

Cerita Mistis Patung Gandrung di Alas Gumitir Banyuwangi, Sering Bergerak Sendiri hingga Tempat Para Arwah

Foto
Patung Gandrung di Alas Gumitir Banyuwangi (foto: Twitter @InformasiBWI)

Di Alas Gemitir, Banyuwangi, Jawa Timur, ada sebuah patung menyimpan cerita mistis cukup melegenda. Patung Gangrung namanya, konon patung itu sering bergerak sendiri dan dipercaya tempat para arwah.

Diketahui, lokasi patung berbentuk seperti perempuan menari itu berada di atas Pantai Watu Dodol, persisnya di jalur penghubung antara Banyuwangi dan Jember. Patung tersebut merupakan sebagai penanda bahwa pengendara sudah sampai di Kota Banyuwangi. 

Baca Juga: Cerita Mistis Kuncen Gunung Guntur, Beberkan Lokasi Angker hingga Beberapa Pantangan

Menurut cerita yang beradar, orang-orang yang melewati kawasan itu sering kali tangan patung tersebut berubah, bergerak seperti menari dengan sendirinya dalam waktu tertentu.


Karena dianggap kawasan angker, berbagai kejadian seperti kecelakaan dan bencana di area ini dikaitkan dengan mistis. Berbagai cerita horor berkaitan dengan zaman penjajahan Belanda menyeruak.

Menurut cerita warga sekitar, dulu banyak penduduk dipaksa kerja rodi untuk memecah Gunung Gumitir lalu dijadikan jalan. Banyak pekerja saat itu meninggal kelaparan dan kelelahan karena tak diberi upah dan makan.

Baca Juga: Cerita Mistis Rantai Besi dari Sungai Progo Bantul, Dipercaya Punya Hubungan dengan Ratu Kidul

Warga sekitar percaya bahwa arwah-arwah para pekerja masih bergentayangan, menjaga lokasi tersebut. Selain itu, Alas Gumitir juga dikenal sebagai lokasi pembuangan mayat anggota PKI.

Dengan segudang cerita misteri yang meliputi kawasan ini, Patung Gandrung Alas Gumitir layak dimasukkan dalam daftar wisata horor yang bisa dikunjungi untuk uji nyali dan mencari pengalaman unik.