Profil dan Biodata Jason Antoni Wibowo, Dokter Lulusan Inggris yang Pilih Jadi Dokter TNI AD

Profil dan Biodata Jason Antoni Wibowo, Dokter Lulusan Inggris yang Pilih Jadi Dokter TNI AD

Alpandi Pinem
2021-09-24 02:04:42
Profil dan Biodata Jason Antoni Wibowo, Dokter Lulusan Inggris yang Pilih Jadi Dokter TNI AD
Jason Antoni Wibowo, Dokter Lulusan Inggris yang Pilih Jadi Dokter TNI AD (Sumber Foto: TANGKAPAN LAYAR VIDEO TNI AD)


Letda Ckm Jason Antoni Wibowo adalah perwira muda di lingkungan TNI AD Kecabangan Kesehatan. Sebelum bergabung dengan TNI AD, pria kelahiran 13 November 1993 ini menyelesaikan studinya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Internasional. Tak tanggung-tanggung, program kembaran atau double degree diambilnya.

Jason memilih jalan untuk menjadi bagian dari TNI AD. Alasannya hanya satu, yaitu mengabdi kepada negara menjadi dokter militer. Kisah inspiratif melepas karier cemerlang demi mengabdi kepada negara, dibagikan oleh Youtube TNI AD, Rabu (22/9/2021).

Penasaaran dengan sosoknya? Berikut ini Correcto.id menampilkan profil dan biodata Antoni Wibowo.

Baca Juga: Sosok Brigjen Junior Tumilaar, Jenderal TNI Bela seorang Kakek Karena Urusan Lahan PT Ciputra International

Profil Letda Ckm Jason Antoni Wibowo

Dokter Lulusan Inggris


Letda Ckm Jason Antoni Wibowo  menyelesaikan studinya di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI) Internasional. Tak tanggung-tanggung, program kembaran atau double degree diambilnya.

Setelah lulus S-1 Jason langsung mengambil S-2 bergelar Master of Research Newcastle, Inggris dengan konsentrasi stem cell pada berbagai bidang prinsip ilmu spesialisasi kedokteran.

Studi Stem Cell adalah ilmu proses penyembuhan kanker dengan mengganti sel yang rusak akibat sel kanker. Dari sana Jason belajar mengembangkan ilmu Terapi Stem Cell yang ia harapkan bisa diterapkan di Indonesia.

Kemudian, dia mengawali karier dokternya pertama kali setelah lulus dari UI pada 2017. Bahkan, ia sempat menjalani Intensif wajib 1 tahun dari Kemenkes mengabdi di RSUD SK Lerik Kupang, NTT.

Berasal dari Keluarga Perpaduan Keturunan Jawa dan Tionghoa


Jason Antoni Wibowo berasal dari keluarga perpaduan keturunan Jawa dan Tionghoa. Ayahnya, Sugiharto keturunan Jawa, dan ibunya, Elisa Sinaga dari keturunan Jakarta-Tionghoa.

Baca Juga: Profil dan Biodata Letjen Dudung Abdurachman, Calon KSAD Jika Andika Perkasa Jadi Panglima TNI

Memilih Menjadi TNI


Jason menceritakan alasan dirinya memilih masuk TNI AD karena terinspirasi dari pengalamannya, saat mengikuti kegiatan baksos bersama TNI AD dengan Yonif Motuliato RDTL dan beberapa tim lainnya.

Dimana saat itu, Jason melakukan operasi katarak gratis untuk masyarakat sekitar di Wini Nusa Tenggara Timur. Dari pengalamannya itu, Jason berpandangan TNI AD memiliki corp kesehatan yang besar. Menurutnya, TNI AD dapat menanungi dokter-dokter dan nakes-nakes yang lain untuk bisa berkembang.

“Disitu saya tertarik, mengapa tidak, saat itu saya masih dokter sipil, mengapa tidak saya juga bergabung ke TNI AD,” ungkap Jason Antoni Wibowo.

Hal itu membuat Jason merasa ada banyak kesempatan mengembangkan diri bergabung di TNI AD. Selain itu, ada alasan yang lebih di balik keputusannya itu. Jason merasa dengan bergabung di TNI AD ia juga sekaligus bisa memperluas pengabdiannya sebagai dokter. Tak hanya dokter tentara yang melayani kesehatan para prajurit, bahakan dia juga bisa mengabdi menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi.

Namun, sebelum memutuskan itu, Jason menceritakan dirinya sempat melakukan konsultasi dengan beberapa dokter yang ia temui.  Saat itu dirinya bertukar pikiran bagaimana keputusannya itu akan mengubah perjalanan kariernya ke depan. Meski begitu, Jason mengaku karena ia sudah bertekad dan berkomitmen, ia harus bertanggung jawab atas keputusannya itu.

“Memang diceritakan ada suka dan dukanya, tapi saya anggap itu semua perjalanan dari karier saya. Jadi kalau kita sudah bertekad, berkomitmen, apapun yang kita hadapi pasti bisa kita lewati, itu yang selalu saya pegang dalam prinsip hidup saya,” ujar Letda Ckm dr Jason.

Bahkan, setelah terjun mendaftarkan diri untuk menjadi dokter tentara, Jason mendapat berbagai pelatihan. Dimana, dia menjalani pelatihan di Lembah Tidar Magelang selama 7 bulan, dan pendidikan kecabangan kesehatan di Pusdikkes selama 5 bulan.

Dari situ, dia mengenal dan mempelajari Batalyon kesehatan, peran-peran dokter militer, peran danton kesehatan, saat bertugas di Batalyon sampai rumah sakit di jajaran TNI AD.

Jason mengaku, ada banyak hal-hal yang dipelajari selama pelatihan itu hingga sekarang. Ia berharap dengan bergabungnya di TNI AD ia juga bisa mengabdi kepada negara.

“Saya berharap bisa mengabdi untuk negara tercinta, masyarakat untuk pengabdian keprofesian saya dan bisa menjangkau seluruh rakyat di Indonesia, dengan TNI saya yakin itu semua bisa tercapai,” ujar Jason

Baca Juga: Marsekal Hadi Jelang Pensiun, KSAD Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono Jadi Calon Kuat Panglima TNI

Biodata Letda Ckm Jason Antoni Wibowo.


Nama Lengkap:

Jason Antoni Wibowo

Nama Panggilan:

Jason

Tempat/Tanggal Lahir:

Jakarta 13 November 1993

Umur:
27

Agama:

Belum Diketahui

Pangkat:

Letda Ckm

Pendidikan:

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

S-1 dan S-2 bergelar Master of Research Newcastle, Inggris

Nama Orangtua

Ayah: Sugiharto

Ibu: Elisa Sinaga


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30