Sosok Brigjen Junior Tumilaar, Jenderal TNI Bela seorang Kakek Karena Urusan Lahan PT Ciputra International

Sosok Brigjen Junior Tumilaar, Jenderal TNI Bela seorang Kakek Karena Urusan Lahan PT Ciputra International

Foto
Brigjen Junior Tumilaar Bantu Kakek Urusan Lahan dengan PT Ciputra International (foto: Instagram/ @majeliskopi08)

Seorang jendral TNI bernama Brigjen Junior Tumilaar mendadak menuai pujian publik pasca dirinya viral membantu seorang kakek yang dilaporkan PT Ciputra International soal urusan lahan. Bahkan, banyak publik ingin lebih menganal lebih jauh sosok Brigjen Junior Tumilaar itu.

Nah, kali ini Tim Correcto.id akan menyacikan sosok dari Brigjen Junior Tumilaar. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja simak berikut ini:

1. Sosok Brigjen Junior Tumilaar


Brigjen Junior Tumilaar bernama lengkap Brigadir Jenderal TNI Junior Tumilar, S.I.P., M.M. merupakan seorang jendral TNI berusia 57 tahun. Jendral TNI kelahiran Manado, 3 April 1964 itu saat ini menjabat sebagai Inspektur Komando Daerah Militer XIII/Merdeka.

Pria yang kerap dipanggil Junior itu merupakan lulusan Akmil pada tahun 1988 dari kecabangan Zeni. Selama di TNI, Junior telah tercatat beberapa kali memegang jabatan seperti Dosen Utama Seskoad, Staf Ahli Pangdam I/BB bidang Ilpengtek & LH, Pamen Ahli Gol. IV Ditziad Bid. Nubika, dan Staf Khusus Dirziad.

Saat ini Junior telah memiliki empat anak dari istrinya bernama Syane Kastanya. Keempat anaknya itu bernama Diana Clarita Tumilaar, Yosafat Tumilaar, Juan Maichel Tumilaar, dan Justin Engelbirth Tumilaar.

2. Viral membantu seorang kakek soal urusan lahan dengan PT Ciputra International


Baru-baru ini Junior viral di media sosial akibat dirinya membantu seorang kakek bernama Ari Tahiru yang bermasalah soal lahan dengan PT Ciputra International yang berada di Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Diketahui, Ari Tahiru sempat ditahan Polresta Manado akibat pihak PT Ciputra International melaporkan dirinya soal persoalan lahan. Dirinya sempat ditahan selama satu bulan.

Junior yang mengetahui persoalan itu langsung membantu Ari Tahiru dengan menyurati Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, dan Panglima Kodam Merdeka Mayjen Wanti Waranei Franky Mamahit.

Pasca penyuratan itu, penahanan Ari Tahiru pun ditangguhkan polisi. Saat keluar dari sel, junior pun menyambut dan merangkul Ari. 

Dalam kecempatan itu, Junior sempat diwawancarai wartawan. Seperti yang dilansir Correcto.id dari video unggahan akun Instagram @majeliskopi08, Junior mengatakan tentara rakyat peduli dengan lingkungan atas masalah-masalah yang menerpanya.

"ini bukan persoalan institusi, tapi persoalan pertahanan negara yang dilaksanakan oleh Babinsa karena beliau minta perlindungan. Tentara rakyat itu peduli terhadap lingkungannya atas masalahnya. Jangan dirampas tanahnya," kata Junior.

Junior pun mengingatkan PT Ciputra International agar tidak melaporkan Babinsa dan tidak merampas tanah rakyat.

"PT Ciputra International saya ingatkan Anda, jangan melaporkan Babinsa, jangan Anda merampas hak-hak tanah hak warisnya, dan ini dari warisan adat istiadat hargai. Seya sebagai tentara abdi negara wajib mempertahankan hak rakyat itu, karena itu bagian dari pertahanan," kata Junior dengan nada tegas.

3. Tuai pujian netizen

Kini video itu telah dilihat 222.000 kali tayangan, 2.877 suka, dan 164 kali dikomentari. Adapun beberapa komentar dari netizen sebagai berikut:

"😢👏luar biasa lanjutkan bapak," tulis @anjasmara_yamato_96_.

"Ini pembela rakyat," tulis @ashev_jovinka.

"subhanallah rindu kami dgn jenderal2 seperti ini, semoga bapak diberikan perlindungan dan kesehatan oleh Allah SWT," tulis @suryawirawan2013.

"Yang begini yang harus jadi KSAD kedepannya," tulis @adit_sso.

"Bravo Jendral Junior Tumilaar, Tentara Rakyat peduli rakyat," tulis @abdul9112kadir.

"Tentara pada hakikatnya untuk melindungi rakyat, bukan penguasa," tulis @ayah_raha.

"Seperti nya beliau pantas jadi panglima TNI😂," tulis @muchammadsafrudin.

"Mantab komandan, semakin harum nama TNI membela rakyat kecil dan mengatasi kesulitan rakyat sekeliling👏," tulis @rules_hayat.