5 Perusahaan BUMN Jadi Venture Capital untuk Startup Lokal, Erick Thohir Harap Lahir 20 Unicorn Baru

5 Perusahaan BUMN Jadi Venture Capital untuk Startup Lokal, Erick Thohir Harap Lahir 20 Unicorn Baru

Foto
Menteri BUMN Erick Thohir (FOTO: Antara)

Berikut ini 5 perusahaan BUMN yang menjadi venture capital untuk startup lokal. Program ini didorong Erick Thohir agar lahir 20 unicorn baru di Indonesia.  

Erick Thohir menyebutkan bahwa saat ini ada 5 BUMN yang berinvestasi pada startup lokal. Investasi dilakukan lewat pembentukan venture capital atau modal ventura dengan perusahaan lainnya.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Pengembangan Startup Lokal Jadi Future Unicorn


Merujuk pada laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang dimaksud dengan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan/penyertaan modal ke dalam suatu Perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan (investee Company), untuk jangka waktu tertentu.

Pembiayaan itu dilakukan dalam bentuk penyertaan saham, penyertaan melalui pembelian obligasi konversi, dan/atau pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha.

Adapun Lima perusahaan BUMN yang menjadi venture capital lengkap dengan jumlah startup yang dibantu diantaranya Telkom yang berinvestasi di 57 startup, Telkomsel 15, BRI 15, Mandiri Capital 15, beserta BNI yang baru memulai investasi di 5 startup.

"Sekarang BNI juga mulai masuk. Kemarin direksinya saya panggil. Tetapi cukup 5 saja.

Baca juga: Erick Thohir Sulap Lahan Bekas Tambang Jadi Pertanian Rakyat, Program Makmur Sejahterakan Petani


Erick Menyebutkan bahwa saat ini Indonesia baru memiliki 5 unicorn atau perusahaan rintisan yang nilainya diatas 1 miliar dollar AS. Kondisi yang jauh berbeda dengan China dengan 107 dan Amerika Serikat lebih dari 200 startup.

Erick berharap dengan program pendanaan terhadap perusahaan rintisan lokal bisa lahir 20 unicorn di Indonesia. "Masak kita tidak bisa seperempat China, jadi dari lima potensinya ke 25. Jadi ada 20 (penambahan)," ungkap Erick.