Fakta Lengkap Iklan LGBT YouTube Anak-anak, Lagu "Aku Bukan Homo" Ceritakan Penyuka Sesama Jenis

Fakta Lengkap Iklan LGBT YouTube Anak-anak, Lagu "Aku Bukan Homo" Ceritakan Penyuka Sesama Jenis

Foto
Tangkap Layar Iklan LGBT di YouTube Anak-anak (foto: Instagram/ @christinelarasati)

Baru-baru ini publik dihebohkan dengan sebuah iklan video yang mempromosikan Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) di YouTube anak-anak. Iklan video yang menceritakan tentang penyuka sesama jenis itupun telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Berikut fakta lengkap iklan LGBT di Youtube anak-anak yang diramkum tim Correcto.id:

Baca Juga: Awal Mula Iklan LGBT Muncul di Youtube Anak-anak, Tampilkan Gambar Pisang Sambil Kampanyekan Homo

1. Berawal dari penemuan netizen

Iklan video bernuansa LGBT itu awalnya ditemukan seorang netizen bernama Annisa Isnaeni Syamsi. Annisa melihat saat tayangan video di Youtube Kids yang sedang ditonton anaknya.

“Tidak sangka banyak komen mendukung dan bilang keren. Gila loh, ini muncul di sela-sela lagu anak. Untuk anak belum bisa baca, tapi dengar liriknya aja udah terekam diotak. Sungguh miris, kok bisa-bisanya?!” ungkap Annisa.

Seorang ibu pemilik akun Instagram @christinelarasati juga mengabadikan dan melontarkan komentar. Lewat instastorynya, ibu itu mengaku shock setelah melihat video itu.

"Asli Shock bgt!!!! Lula lg nonton Little Angle terus tiba2 iklannya gini astaghfirullahh.. ini film anak2 lho knp pada jahat2 bgt sih sm anak2 bisanya masukkin Ad begini ke film anak2! Namanya di akhir video, Sindu Aku Bukan Homo. @kpai_official @youtube @youtubeindonesia GILA SIH INI! Guys please hati2 ya anak nonton youtube sebisa mungkin kl nonton jd sll tau dia lg suka nonton apa." 

Baca Juga: Ini Video Lengkap Iklan LGBT di Youtube Anak-anak, Nyanyikan Lirik Andai Aku Homo

"astaghfirullah astaghfirullaahh.. dan aku sengaja rekam smp abis, itu videonya makin vulgar even pake contoh buah2an terserah deh mau bikin konten apaan tp JANGAN DIMASUKKAN JADI AD DI FILM [email protected] DONG," tulisnya seperti dikutip Correcto.id, Rabu (15/9/2021).

Video mempromosikan LGBT yang diunggah oleh akun Sinduatiga itu berjudul "Sindu-Aku Bukan Homo Official Music Video" pada 9 September 2021. Setelah ditelusuri lebih dalam, tidak ditemukan video apa pun, termasuk video LGBT. Namun, channel tersebut telah memiliki 182 subscriber dan video LGBT itu sudah ditonton sebanyak 14.611 kali.

2. Video menceritakan penyuka sesama jenis


Diamati dari video yang sempat diabadikan warganet, video LGBT itu ditampilkan dengan grafis animasi 3D dengan tokoh dua buah pisang yang sedang bernyanyi. Di video itu juga terlihat warna dari tokoh buah-buahan lainnya.

Tidak hanya itu, video itu juga diisi lantunan latar lagu yang disesuaikan dengan kesukaan anak-anak. Sehingga, hal tersebut membuat khawatir para orangtua karena lantunan lagunya berpotensi terekam di memori anak-anak.

Meskipun berjudul “Aku Bukan Homo”, lirik dalam lagu itu seolah mendeskripsikan hal-hal terkait homoseksual, seperti apa yang dilakukan jika ia adalah seorang penyuka sesama jenis.

3. Diblokir Kominfo


Konten iklan yang bernuansa LGBT di YouTube kids kini telah diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada Senin (13/9). Langkah itu diputuskan akibat keluhan masyarakat atas tayangan bermuatan konten dewasa bisa muncul di iklan YouTube kids.

Baca Juga: Video Viral Sekelompok Santri Tutup Telinga saat Dengarkan Musik, MUI: Jaga Hafalan Al-Quran

Pihak Kominfo mengklaim terus mengawasi keseriusan para pengelola platform dalam mewujudkan Kelola platform yang aman dan kondusif bagi masyarakat. Mereka juga mengimbau jika ada masyarakat yang mendapati konten negatif bisa segera melapor melalui kanaladuankonten.id atau kanal lain yang Kominfo sediakan sebagai upaya menjaga keamanan ekosistem digital Indonesia.