Awal Mula Ustaz Sofyan Chalid Sebut Wisata ke Candi Borubudur Hukumnya Haram

Awal Mula Ustaz Sofyan Chalid Sebut Wisata ke Candi Borubudur Hukumnya Haram

Foto
Ustaz Sofyan Chalid Sebut Wisata ke Candi Borubudur Hukumnya Haram (Sumber: Int).


Beredar sebuah video lawas yang kembali viral di media sosial seorang Ustaz Sofyan Chalid Ruray melarang umat muslim untuk berwisata ke Candi Borobudur di Magelang Jawa Tengah.

Dalam video yang awalnya beredar pada tahun 2018 itu, Ustaz Sofyan mengatakan berwisata ke Candi Borobudur sama halnya dengan persetujuan terhadap peribadatan yang dilakukan oleh penganut agama nonmuslim.

Baca Juga: Profil dan Biodata Sofyan Chalid, Ustaz yang Sebut Haram Wisata ke Candi Borobudur

Awal Mula Ustaz Sofyan Chalid Sebut Wisata ke Candi Borubudur Hukumnya Haram


Lewat unggahan video di channel youtube Bismillah Everthing. Video itu diposting dengan judul "Haram hukumnya berwisata ke Candi Borobudur-Ustazd Sofyan Chalid Ruray".

Dimana, mulanya ada ada seorang yang bertanya kepada Ustad Sofyan mengenai hukum umat muslim mengunjungi rumah ibadah agama lain diperbolehkan atau tidak.

Baca Juga: Profil Lengkap Gus Idris, Ustaz yang Bantu Lepaskan Pasangan Gancet Ternyata Tersangka Video Hoaks

Tanpa basa-basi, Ustaz Sofyan secara tegas mengatakan hukumnya haram. Bahkan umat muslim sejengkal pun dilarang menginjakkan kaki di rumah ibadah agama lain.

"Hukumnya haram karena itu termasuk ke persetujuan kepada peribadahan mereka. Makanya kita tidak boleh duduk-duduk bersama mereka," jawab Ustaz Sofyan.

Dimana, menurutnya, kehadiran umat Islam di sana sama saja menyetujui terhadap mereka, tempat peribadahan orang kafir meskipun hati tidak setuju.

Baca Juga: 8 Potret Keren dan Fakta Lengkap TikToker Husain Basyaiban, Ustaz Muda yang Digemari Anak Milenial dan Gen Z

"Karena dalam firman Allah mengatakan kalau kamu duduk bersama mereka, maka seperti mereka. Sebab hadirnya kita di situ otomatis kita meyakini kepercayaan mereka," sambungnya.

Leboh lanjut Ustaz Sofyan juga mewanti-wanti bahwa umat Muslim tidak berkunjung ke rumah ibadah agama lain.

"Kalau kita datang ke tempat ibadah orang kafir, sama saja kita setuju dengan ajaran mereka. Kecuali untuk satu tujuan, mau membubarkan orang yang sedang ibadah kepada selain Allah," ucapnya.