Fakta Terbaru Kebakaran Lapas Kelas I Tanggerang, 20 Orang Saksi Diperiksa

Fakta Terbaru Kebakaran Lapas Kelas I Tanggerang, 20 Orang Saksi Diperiksa

Foto
Lapada Pemuda Kelas I Tangerang kebakaran pada Rabu (8/9/2021) dini hari. Kebakaran terjadi di Blok C dan menewaskan setidaknya 41 orang. (Sumber: Tangkapan Instagram)


Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Tangerang terbakar pada Rabu (8/9/2021) dini hari sekitar pukul 01.45 WIB.

Laporan menyebutkan bahwa api sudah telah berhasil dipadamkan, dan petugas kini fokus melakukan pemulihan. Korban tewas sedikitnya 41 orang, 72 orang dilaporkan luka ringan dan 8 mengalami luka bakar. Dan saat ini semua korban, termasuk korban tewas, telah dievakuasi ke rumah sakit.

Kapolda Metro Jaya, Irjen M Fadil Imran, bahwa dugaan sementara penyebab kebakaran adalah arus pendek listrik, namun ini masih harus diselidiki lebih lanjut.

Baca Juga: 41 Korban Masih di Identifikasi, Ini Call Center Bagi Keluarga Napi di Lapas Tangerang

"Lapas Kelas I Tangerang dibangun tahun 1972, sudah 42 tahun. Sejak itu kita tidak memperbaiki instalasi listriknya. Ada penambahan daya tapi instalasi listrik masih tetap," kata Yasonna dalam jumpa pers di Tangerang Rabu (8/9/2021).

Yasonna melanjutkan, dugaan sementara seperti disampaikan Kapolda Metro Jaya tadi adalah karena masalah arus pendek. Namun demikian Puslabfor Polri dan Polda Metro Jaya sedang meneliti sebab musabab dari kebakaran tersebut.

Baca Juga: Keluarga Korban Meningggal Kebakaran Lapas Kelas I Tanggerang Dapat Santunan Rp 30 Juta

20 Saksi Diperiksa

Terkait hal tersebut, saat ini sebanyak 20 saksi dari peristiwa kebakaran di Lapas Klas I Tangerang pada Rabu (8/9/2021) diperiksa oleh polisi. Para saksi tersebut terdiri dari warga binaan yang selamat maupun petugas lapas yang berjaga saat kebakaran terjadi.

"Kami telah mengumpulkan barang bukti, dan juga mengumpulkan saksi sebanyak 20 orang, yang terdiri dari petugas jaga, lalu orang di sekitar lokasi kejadian, dan juga penghuni blok C2," ujar Dirjen Kriminal Umum Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat, Rabu.

Baca Juga: Begini Suasana Lapas Kelas 1 Tangerang Ketika Terbakar, Napi Berlari Menyelamatkan Diri

Penyebab Korlestring Listrik

Dari hasil olah TKP ditemukan barang bukti yang menunjukkan adanya konsleting listrik yang menjadi penyebab kebakaran. Ada pun titik api hanya berasal dari satu titik yaitu di bagian atas plafon yang terbuat dari bahan mudah terbakar.

"Hasil olah TKP ada beberapa yang dibawa antara lain adalah kabel ada beberapa alat listrik dan saluran instalasi. Dari hasil TKP titik api bersumber dari 1 titik, dan terjadi di atas dibalik plafon," tuturnya.

Baca Juga: Video Detik-detik Lapas Kelas 1 Tangerang Terbakar, 41 Napi Tewas

Dimana, ditemukan juga adanya kabel kabel yang terkelupas, namun hal tersebut belum bisa dipastikan apakah itu menjadi penyebab kebakaran atau justru terkelupas akibat kebakaran.

"Pemeriksaan lebih lanjut akan dianalisa di Labfor apakah itu merupakan sebab ataukah akibat kebakaran," katanya.