Daftar Pahlawan Indonesia yang Diabadikan Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Mulai Soekarno hingga R.A Kartini

Daftar Pahlawan Indonesia yang Diabadikan Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Mulai Soekarno hingga R.A Kartini

Ahmad Diponegoro
2021-08-17 22:02:52
Daftar Pahlawan Indonesia yang Diabadikan Jadi Nama Jalan di Luar Negeri, Mulai Soekarno hingga R.A Kartini
Beberapa pahlawan yang diabadikan jadi nama jalan di luar negeri. Foto: Twitter

Pahlawan Indonesia tidak hanya dihormati dan dikagumi di dalam negeri saja. Rupanya, terdapat nama-nama pahlawan Indonesia yang diabadikan menjadi nama jalan di negeri. Berikut daftarnya.

Beberapa pahlawan yang diabadikan jadi nama jalan di luar negeri seperti Soekarno yang merupakan Presiden pertama Republik Indonesia dan R.A Kartini yang merupakan perempuan yang sangat dikagumi.

Baca Juga:  5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Usai Soekarno Bacakan Teks Proklamasi 17 Agustus 1945

1. Soekarno


Soekarno yang merupakan seorang proklamator kemerdekaan Indonesia sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia, tidak hanya dihormati di Indonesia, namun namanya juga diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri.

Jalan Soekarno sendiri, terletak di Maroko dengan nama Reu Soukarno yang diresmikan pada 2 Mei 1960.

2. R.A Kartini


Sebagai sosok perempuan yang sangat dikagumi karena memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia, R.A Kartini atau Raden Ajeng Kartini, namanya diabadikan menjadi nama sebuah jalan di luar negeri.

Saking menginspirasinya sosok R.A Kartini, pemerintah Belanda menjadikan namanya sebagai nama jalan di empat kota yang berbeda. Salah satunya, Kota Amsterdam.

Baca Juga:  Profil Lengkap Fatmawati Soekarno Putri, Istri Presiden Soekarno Penjahit Bendera Merah Putih Saat Hamil Besar

3. Moh. Hatta


Moh Hatta atau Mohammad Hatta yang merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia pertama ini, diabadikan menjadi nama sebuah jalan di Harlem. Dengan nama Mohammed Hattastraat, sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan dari pemerintah Belanda.

Mohammed Hattastraat sendiri, diresmikan pada 1987.

4. Pattimura


Pattimura yang memiliki nama asli Thomas Matulessy ini, diabadikan menjadi nama jalan di Wierden, Belanda dan diusulkan oleh komunitas Maluku yang sudah selama puluhan tahun menetap di negara itu sejak 2011. Dengan nama jalan Pattimurastraat.

5. Sutan Syahrir


Nama pahlawan Indonesia yang terakhir diabadikan menjadi nama jalan di luar negeri adalah Sutan Syahrir.

Pahlawan Indonesia yang dikenal sebagai tokoh intelektual dan sebagai perintis kemerdekaan tersebut, diabadikan menjadi jalan di tiga tempat berbeda oleh pemerintah Belanda. Dengan nama Sutan Sjahrirstraat. 


Share :