Limits, Fitur Baru di Instagram yang Bisa Batasi Komentar dan DM dari Akun Tak Dikenal, Ini Cara Menggunakannya

Limits, Fitur Baru di Instagram yang Bisa Batasi Komentar dan DM dari Akun Tak Dikenal, Ini Cara Menggunakannya

Foto
Instagram (Sumber Foto: Xpand Online)


Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia, termasuk di Indonesia. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna, Instagram terkenal dengan kemampuannya menghasilkan tingkat keterlibatan (engagement) tertinggi di antara pengguna.

Selama beberapa tahun terakhir, fitur-fitur di Instagram terus berubah. Meski sempat menghapus beberapa fitur, Instagram terus berinovasi dengan merilis fitur-fitur terbaru agar pengguna tidak pindah ke platform media sosial lain.

Seperti fitur baru Limits yang dikeluarkan untuk mencegah komentar kasar dan rasis serta penyalahgunaan lainnya. Fitur tersedia untuk semua orang secara global saat ini dan kemungkinan besar akan sangat berguna bagi pelaku bisnis dan kreator konten yang mengharapkan respons beragam.

Baca Juga: Cek Daftar Android yang Tidak Akan Bisa Buka Google Mulai 27 September 2021

Berikut cara untuk mengaktifkan fitur Limit untuk batasi komentar dan DM oleh akun tak dikenal di Instagram.

1. Buka profil Instagram kamu, klik tiga garis datar di kanan atas aplikasi untuk diarahkan ke opsi pengaturan.

2. Kemudian ketuk menu pengaturan untuk diarahkan ke pilihan privasi.

3. Disini akan ada dua pilihan orang yang dibatasi, yakni akun yang tidak mengikuti kamu dan pengikut terbaru. Kamu bisa memilih salah satu ataupun semuanya.  Ada juga durasi waktu pengaktifan fitur, yakni satu hari sampai empat minggu yang dapat kamu pilih.

Baca Juga: Tutorial Cara Lengkap Fitur Close Friend di Instagram, Usai Video Ciuman Adhisty Zara dan Niko Al Hakim Viral

Menonaktifkan komentar atau DM sepenuhnya juga bisa dilakukan. Instagram mengatakan, bahwa fitur baru membatasi DM ini adalah solusi bagi pengguna yang masih menginginkan pengikut untuk terlibat secara positif pada akun mereka.

Tak hanya itu, Instagram sedang melakukan peningkatan fitur 'Hidden Word' yang sudah diluncurkan April lalu. Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan kamu untuk secara otomatis menyembunyikan atau menyaring DM dengan kata, frasa, dan emoji yang menyinggung, dan memindahkannya ke folder tersembunyi.

Baca Juga: Resmi, Instagram Reels Diperpanjang Menjadi 60 Detik, Jadi Mirip TikTok?

Bahkan, saat ini fitur ini memiliki lebih banyak daftar yang disediakan Instagram, mulai dari kata, emoji, sampai tagar yang berpotensi menyinggung penggunanya. Aplikasi akan mengeluarkan peringatan keras kepada orang-orang yang mencoba posting komentar yang menyinggung beberapa kali.

“Kami berharap fitur-fitur baru ini akan lebih melindungi orang dari melihat konten yang kasar, apakah itu rasis, seksis, homofobia, atau jenis pelecehan lainnya,” kata Instagram dalam keterangan tertulis. “Kami tahu masih banyak yang harus dilakukan, termasuk meningkatkan sistem kami untuk menemukan dan menghapus konten yang kasar dengan lebih cepat, dan meminta pertanggungjawaban mereka yang mem-posting-nya.” ujar Head of Instagram Adam Mosseri.