Resmi, Instagram Reels Diperpanjang Menjadi 60 Detik, Jadi Mirip TikTok?

Resmi, Instagram Reels Diperpanjang Menjadi 60 Detik, Jadi Mirip TikTok?

Foto
Instagram Reels (Sumber: Int).


Instagram Reels yang awalnya dibatasi durasi video hingga 15 detik, dan sebulan setelahnya diperpanjang menjadi 30 detik dan kini bisa dibuat hingga 60 detik.

Kabar itu diungkapkan pertama kali oleh Instagram melalui media sosial Twitter. Dengan menyantumkan sebuah meme, Instagram mengatakan sudah mulai memperpanjang durasi di Reels sejak Selasa (27/7/2021).

Baca Juga: Tutorial Cara Download Instagram Reels dari Web dan Handphone, Bisa Ditonton Tanpa Kuota

"Reels diperpanjang hingga 60 detik, mulai hari ini," tulis akun resmi Instagram.

Penambahan durasi Reels menjadi 1 menit ini pun menjadikan Instagram semakin mirip dengan platform berbagi video yang lagi naik daun, TikTok. Meski begitu, dalam pembaruan terbarunya, TikTok juga menambah durasi maksimal video yang diunggah penggunanya menjadi 3 menit.

Baca Juga: Fitur Baru Aplikasi Zoom, Bisa Main Game Saat Rapat, Ini Caranya

Dangan hal tersebut, bukan tidak mungkin nantinya Instagram akan mengikuti jejak TikTok dan juga akan memperpanjang durasi Reels menjadi tiga menit atau lebih untuk bisa menyaingi TikTok.

Namun, untuk mengakses fitur ini, buka aplikasi Instagram di ponsel untuk membuat Reel baru. Setelah itu ketuk opsi Length yang ada di samping kiri layar untuk memilih durasi video antara 15 detik, 30 detik atau 60 detik.

Baca Juga: 5 Game RPG yang Wajib Kamu Mainkan saat PPKM, Ceritanya Keren

Namun, saat ini tidak semua pengguna Instagram bisa mengakses fitur Reels 60 detik. Fitur ini digulirkan secara bertahap dan akan bisa dijajal semua pengguna dalam waktu dekat.