Daftar Keutamaan Puasa Muharram, Mulai Dari Dilipatkan Pahala hingga Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun

Daftar Keutamaan Puasa Muharram, Mulai Dari Dilipatkan Pahala hingga Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun

Ahmad Diponegoro
2021-08-09 10:55:16
Daftar Keutamaan Puasa Muharram, Mulai Dari Dilipatkan Pahala hingga Dapat Menghapus Dosa Selama Setahun
Ilustrasi Keutamaan puasa Muharram. Foto: Pixabay

Keutamaan puasa Muharram, selain dapat dilipatkan pahala juga dapat menghapus dosa bagi yang melakukan amalan sunah tersebut. Berikut daftar keutamaan puasa Muharram.

Bulan Muharram yang sangat istimewa karena merupakan salah satu dari empat bulannya Allah SWT atau syahrullah ini, memiliki keutamaan dan keistimewaan mulai tanggal 1 hingga 10 Muharram.

Perbanyak istigfar

Selain memiliki keutamaan puasa Muharram, pada bulan Muharram ini, umat Islam dianjurkan memperbanyak istighfar kepada Allah SWT untuk menyambut akhir dan awal bulan Hijriah yang dimulai dengan bulan Muharram.

Baca Juga:  Niat dan Cara Lengkap Puasa Asyura dan Puasa Tasu'a, Amalan Sunah Bulan Muharram yang Dapat Tingkatkan Iman

Tentu saja, dengan memperbanyak istigfar dan kepada Allah SWT dan menjalanan puasa Muhrrram yang penuh dengan keutamaannya, pahala yang akan didapatkan oleh seseorang akan dilipatgandakan.


Puasa setelah bulan Ramadan

Salah satu keutamaan puasa Muharram adalah puasa yang sebaik-baiknya dilakukan setelah bulan Ramadan.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik puasa setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, bulan Muharram.” (HR. Muslim).


Pelaksanaan puasa bulan Muharram

Berdasarkan hasil kesepakatan dari jumhur ulama, pelaksanaan amalan sunah puasa Muharram ini dapat dilakukan mulai tanggal 1 dan 2 Muharram, dan tanggal 9-10 Muharram yang disebut puasa tasu'a dan puasa asyura.

Baca Juga:  Biodata Achmad Zaky Lengkap Total Kekayaan, Pendiri Bukalapak Kini Jadi Crazy Rich Indonesia dengan Rp 4,71 Triliun

Selain itu, keutamaan lain dari puasa bulan Ramadan adalah dilipatkan pahalnya bagi umat islam yang menjalankan amalan sunah bulan Muharram itu.

Tidak hanya itu, keutamaan puasa Muharram yang dilakukan pada tanggal 10 yang disebut dengan puasa asyura, dapat menghapus dosa selama setahun yang lalu secara penuh.


Share :