Cerita Mistis di Kampus ISI Yogyakarta, Konon Dihuni Buto Ijo hingga Sosok Gadis Sering Menari di TBJT

Cerita Mistis di Kampus ISI Yogyakarta, Konon Dihuni Buto Ijo hingga Sosok Gadis Sering Menari di TBJT

Foto
Kampus ISI Yogyakarta (foto: info.pmb.isi.ac.id)

Dari beberapa kampus di Indonesia, memiliki cerita mistis salah satunya kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Konon, dikampus ini dihuni sosok wanita suka menari hingga Buto Ijo.

Ceritanya, lokasi kampus megah yang terihat seperti kerajaan Jawa ini sebelumnya sebuah tanah kosong dengan medan yang tidak beraturan. Dan menurut cerita mulut ke mulut, ada sebuah goa untuk bersemedi sebelum kampus ini berdiri.

Baca Juga: Cerita Mistis dari Berbagai Artis Tanah Air, Mengaku Pernah Diganggu Gaib saat Syuting

"Konon pula banyak pendekar-pendekar yang menanam atau membuang pusakanya disini. Salah satunya adalah sebuah keris yang bisa menjelma menjadi ular naga. Konon pula, hal itu yang menjiwai seniman pembuat gapura rektorat menampilkan sosok ular naga disini," kata Instagram @misterisolo seperti dikutip Correcto.id, Jumat (30/7/2021).

Tidak hanya itu, kampus ini juga dihuni berbagai penunggu seperti sosok wanita hingga buto ijo. Konon, sosok wanita itu kadang menampakkan diri ketika ada pertunjukan tari di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT, dulu TBS).

"Walau kadang jika malam tiba penunggu ini sering menampakkan diri dengan menari sendirian sambil bersenandung dalam gelapnya malam. Ada pula sosok buto ijo di penginapan yang berada dibelakang TBJT. Meskipun jarang menganggu, banyak tamu mengatakan kadang mencium aroma amis yang tiba-tiba muncul dan hilang," lanjutnya.

Baca Juga: Cerita Mistis Mak Nonoh Asal Desa Girijaya, Mampu Menyebuhkan Penyakit Gangguan Jin dan Ingin Menurunkan Ilmunya

Bahkan, di kampus ini juga ada sosok nenek tua di pendopo utara. Nenek dengan baju kebaya ini kadang menampakan diri menyapu di sekitaran pendopo. Jika kita menyapa, seketika dia lenyap.

Baca Juga: Cerita Mistis Rumah Kosong di Ngagel Jaya Surabaya, Konon Dihuni Beragam Hantu Usil

"Beberapa orang masih percaya bahwa tempat ini menyimpan pusaka yang masih tersembunyi di alam gaib. Ada yang berupa batu, keris, tombak, atau benda magis lainnya. Tak heran jika malam tertentu beberapa orang melakukan ritual pengambilan pusaka di kampus ini," tuturnya.