Cerita Mistis di Stasiun Balapan Solo, Konon Dihuni Nyi Peyot dan Nyi Minah

Cerita Mistis di Stasiun Balapan Solo, Konon Dihuni Nyi Peyot dan Nyi Minah

Foto
Stasiun Balapan Solo (foto: surakarta.go.id)

Stasiun Balapan yang berada di Solo, Jawa Tengah yang merupakan peninggalan Belanda ternyata menyimpan cerita mistis. Konon, di stasiun yang dibangun pada tahun 1870 itu dihuni sosok Nyi Peyot dan Nyi Minah.

Melansir dari Instagram @misterisolo, pada jaman sebelum kemerdekaan, muncul legenda Nyi Minah. Sosoknya dikenal sebagai perempuan berjualan jamu sering menampakkan wujudnya ke beberapa pegawai stasiun terutama para kompeni.

Baca Juga: Cerita Mistis di Jembatan Mojo Solo, Konon Tempat Singgah Para Lelembut

"Konon, Nyi Minah adalah sosok penjual jamu yang patah hati dan bunuh diri karena dikhianati cintanya oleh salah satu kompeni yang bekerja di stasiun ini. Bahkan penampakkan kadang terlihat di sepanjang rel Solo Balapan-Jebres," kata @misterisolo seperti dikutip Correcto.id, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Cerita Mistis di Gedung Lama SMPN 20 Solo, Konon Dihuni Sosok Berwujud Tinggi Suka Muncul di Hadapan Siswa

Tidak hanya itu, di stasiun ini juga ada cerita tentang sosok Nyi Peyot yang berwujub perempuan tua dengan dandanan kebaya tua dan selendang hitamnya kadang muncul di beberapa sudut stasiun. Sosok Nyi Peyot ini sering muncul dengan berjalan kaki menjauhi orang yang dipilih untuk melihatnya.

Baca Juga: Cerita Mistis di Sekitar Gudung Seni Rupa UNS Solo, Konon Dihuni Arwah Orang Tionghoa hingga Siluman

"Konon, jika dikejar dan berhasil ditemui Nyi Peyot akan memperlihatkan mukanya yang hancur separo dengan bola mata yang hampir putus dari uratnya. Mitosnya, jika sang korban lari maka tidak akan mendapat apa-apa namun jika bertahan maka Nyi Peyot akan memberikan gambaran masa depan yang penting untuk sang korban," tambahnya.

Menurut ceritanya, sosok Nyi Peyot itu merupakan seorang nenek sakti yang meninggal akibat terserempet kereta api di tahun 1960an.