Cerita Mistis di Sekitar Gudung Seni Rupa UNS Solo, Konon Dihuni Arwah Orang Tionghoa hingga Siluman

Cerita Mistis di Sekitar Gudung Seni Rupa UNS Solo, Konon Dihuni Arwah Orang Tionghoa hingga Siluman

Foto
Gedung Seni Rupa UNS Solo (foto: Instagram/ @misterisolo)

Di sekitar gedung seni Universitas Sebelas Maret (UNS) yang terletak di wilayah Mesen, Jebres ternyata menyimpan cerita mistis. Konon, di lokasi itu dipercaya dihuni arwah orang-orang Tionghoa hingga siluman berwujub binatang.

Menlansir dari Instagram @misterisolo, dulu gedung itu merupakan sebuah sekolah Tionghoa yang bernama Sin Min. Namun sejak 1966, IKIP Negeri Surakarta menempati gedung ini dan sekarang menjadi UNS. Akibat pernah jadi sekolah Tionghoa, gedung itu dipercaya dihuni arwah orang-orang Tionghoa.

Baca Juga: Cerita Mistis di Gedung Lama SMPN 20 Solo, Konon Dihuni Sosok Berwujud Tinggi Suka Muncul di Hadapan Siswa

"Beberapa penunggu gedung ini merupakan jin yang berwujud seperti arwah orang-orang Tionghoa yang lengkap dengan baju khas China dan kuncir rambutnya. Konon, sosok-sosok ini dapat dipanggil dengan media jelangkung dan bakaran dupa hio," kata @misterisolo seperti dikutip Correcto.id, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Cerita Mistis Batu Saheng di Bandung Barat, Konon Ada Suara Misterius yang Bisa Didengar Orang Tertentu

Tidak hanya itu, di sekitar gedung seni itu juga dipercaya memiliki beberapa penunggu dengan wujud siluman binatang. Ada yang berwujud seperti babi hutan dengan kalung mutiara hitam di lehernya.

"Konon, wujud ini adalah wujud yang sering menampakkan diri kepada mahasiswa yang pulang larut. Wujud ini sering berubah wujud menjadi apa saja namun tetap berwarna hitam seperti hangus terbakar," tuturnya.

Baca Juga: Cerita Mistis Om Hao Sebut Burung Gagak Sebagai Pertanda Meninggal Dunia

Selain itu, ada juga cerita tentang sosok Diana hantu perempuan cantik yang sering muncul di atap-atap toilet mahasiswa. Dengan senyumnya yang misterius, sosok ini sering menempel di langit-langit dan menampakkan diri kepada warga kampus yang sedang membuang hajatnya.