Ini Beberapa Obat Semprot yang Bisa Kamu Coba Untuk Hidung Tersumbat

Ini Beberapa Obat Semprot yang Bisa Kamu Coba Untuk Hidung Tersumbat

Alpandi Pinem
2021-07-19 21:11:58
Ini Beberapa Obat Semprot yang Bisa Kamu Coba Untuk Hidung Tersumbat
Ilustrasi Hidung Tersumbat (Sumber: Int).


Hidung tersumbat memang sangat menyebalkan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Hidung tersumbat bisa disertai dengan keluarnya ingus/cairan hidung, atau bisa juga tidak.

Hidung tersumbat umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi saluran pernapasan, flu, sinusitis, alergi, atau pun mengalami polip hidung.

Semua orang bisa saja mengalami hidung tersumbat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat semprot hidung.

Obat ini bekerja dengan cepat dan bertahan cukup lama, sehingga hanya perlu digunakan 2 kali sehari. Selain efeknya bisa dirasakan lebih cepat dibandingkan obat minum, obat semprot hidung yang mengandung oxymetazoline ini memiliki kelebihan lain yaitu tidak menyebabkan rasa kantuk. Oleh karena itu, dapat digunakan bahkan di saat sedang bekerja.

Berikut ini beberapa obat semprot untuk hidung tersumbat yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Obat semprot steroid (kortikosteroid)

Obat semprot steroid atau obat semprot kortikosteroid, merupakan salah satu obat semprot hidung yang dapat digunakan sebagai pengobatan pertama alergi. Obat semprot steroid ini dapat mengurangi peradangan pada saluran hidung. Beberapa gejala yang dapat diatasi dengan obat semprot steroid ini seperti hidung tersumbat, bersin, mata berair, dan hidung meler.

Obat semprot steroid harus digunakan secara teratur sesuai aturan pakai pada kemasan atau anjuran dokter. Jika digunakan secara sembarangan, obat semprot hidung ini tidak akan efektif. Obat semprot steroid juga memiliki efek samping, namun risikonya lebih rendah dibandingkan dengan obat yang diminum.

Baca Juga: Ini Minuman Mengandung Vitamin D yang Dianggap Ampuh Mencegah Covid-19

2. Obat semprot antihistamin

Obat semprot antihistamin berfungsi untuk memblokir histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti hidung meler. Namun, penggunaan obat semprot hidung ini kurang begitu nyaman karena menimbulkan rasa pahit.

3. Kombinasi kortikosteroid dan antihistamin

Ada juga jenis obat semprot hidung kombinasi antara steroid dan antihistamin. Namun obat ini tidak dijual dengan bebas dan butuhkan resep dokter untuk mendapatkannya.

Baca Juga: Ini Minuman Herbal yang Cocok Diminum Usai Terima Vaksin Covid-19

4. Obat semprot dekongestan

Obat semprot ini dapat membantu mengatasi hidung tersumbat dengan cara menyempitkan pembuluh darah pada hidung. Hal ini dapat membantu mengurangi pembengkakan sehingga meredakan hidung tersumbat. Tapi, obat ini hanya dapat digunakan dalam waktu singkat yaitu tidak lebih dari tiga hari.

Namun penggunaan obat semprot hidung tersumbat dalam jangka panjang ada resikonya juga yang menyebabkan ketergantungan dan hidung menjadi lebih mudah tersumbat lagi (rhinitis medikamentosa).

5. Obat semprot antikolinergik

Obat semprot antikolinergik ini dapat mengobati pilek, baik karena rhinitis alergi atau nonalergi, karena dapat mengurangi sekresi dari kelenjar di saluran hidung. Beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan obat ini yaitu mulut kering dan rasa tidak enak di mulut.

Baca Juga: Wajib Dicoba! Ini Makanan yang Dianggap Ampuh Turunkan Asam Lambung

6. Obat semprot sodium cromolyn

Obat semprot sodium cromolyn bisa mengatasi hidung tersumbat, bersin, dan pilek pada penderita alergi. Efek samping yang paling umum dari penggunaan obat ini yaitu saat awal menggunakannya hidung terasa terbakar dan muncul seperti tersengat.

7. Obat semprot saline

Obat semprot saline merupakan jenis obat semprot hidung yang mengandung garam dan bermanfaat untuk menjaga kelembapan pada hidung. Obat ini juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya iritasi atau infeksi. Obat semprot ini juga bisa digunakan saat mengalami mimisan. Namun, perlu diketahui bahwa obat ini tidak dapat digunakan untuk obat semprot hidung tersumbat.


Share :

HEADLINE  

Kaesang Optimis PSI Tembus Senayan Minta Kader Kawal Real Count

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 17, 2024 09:44:02


Hasil Real Count KPU Sulawesi Tengah: Suara PSI Tembus 4,17%

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 21:11:41


Pemuka Agama Himbau Semua Terima Hasil Pemilu, Saatnya Rekonsiliasi

 by Andrico Rafly Fadjarianto

February 16, 2024 13:44:30