Sosok dan Peran Penting Indra Rudiansyah, Peneliti Indonesia Lulusan ITB di Balik Terciptanya Vaksin AstraZeneca

Sosok dan Peran Penting Indra Rudiansyah, Peneliti Indonesia Lulusan ITB di Balik Terciptanya Vaksin AstraZeneca

Foto
Sosok Indra Rudiansyah

Sosok Indra Rudiansyah sedang jadi perbincangan publik. Hal tersebut dikarenakan peneliti Indonesia lulusan ITB tersebut memiliki peran penting di balik terciptanya Vaksin AstraZeneca.  

Baca juga: Terungkap, Ada Penerima LPDP Indonesia yang Kini Jadi Peneliti di Balik Vaksin AstraZeneca

Viral sebuah video yang memperkenalkan orang-orang dibalik suksesnya penemuan vaksin covid-19 AstraZeneca. Salah satu sosok yang muncul dalam video tersebut adalah putra bangsa Indonesia bernama Indra Rudiansyah. Penasaran? Berikut correcto sajikan sosok Indra Rudiansyah. 

Sosok Indra Rudiansyah

Indra Rudiansyah merupakan putra bangsa yang membanggakan. Dirinya secara langsung terlibat dalam riset hingga penciptaan vaksin AstraZeneca dari Inggris. Sosok Indra Rudiansyah merupakan seorang mahasiswa S3 di Universitas Oxford yang tengah mengambil konsentrasi di jurusan Clinical Medicine. 

Pendidikan Indra Rudiansyah

Sebelum melanjutkan S3 di Universitas Oxford, Indra Rudiansyah merupakan mahasiswa di Institut Teknologi Bandung (ITB). Setelah lulus dari ITB, Indra Rudiansyah sempat bekerja sebagai peneliti pengembangan vaksin di Biofarma, salah satu perusahaan plat merah Indonesia. Sat itu dirinya terlibat dalam program penelitian vaksin rotavirus dan novel polio. 


Indra Rudiansyah penerima LPDP

Setelah bekerja di Biofarma, Indra Rudiansyah memulai langkah baru untuk melanjutkan studinya ke tingkat doktoral atau S3 di luar negeri. Indra Rudiansyah akhirnya bisa lanjutkan studi S3 ke luar negeri dengan mendapat beasiswa unggulan pemerintah Indonesia, LPDP. di Universitas Oxford dengan jurusan Clinical Medicine dan riset penelitian doktoral tentang vaksin malaria. 

Baca juga: Profil dan Biografi Lengkap Indra Rudiansyah, Peneliti Indonesia di balik vaksin AstraZeneca 

Peran penting Indra Rudiansyah di Vaksin AstraZeneca 

Sebagai seorang peneliti yang memang telah cukup memiliki pengalaman di bidang riset vaksin, Indra Rudiansyah berhasil bergabung dengan tim penelitian vaksin covid-19 AstraZeneca. Tim tersebut dipimpin oleh seorang profesor vaksinologi Universitas Oxford yang bernama Professor Sarah Gilbert. Peran penting Indra Rudiansyah di Vaksin AstraZeneca bertugas sebagai penguji klinis vaksin. Indra Rudiansyah memiliki peran dan tugas untuk memantau respons antibodi para relawan yang telah disuntik vaksin. Menurutnya hal ini serupa yang dialaminya saat meneliti soal vaksin malaria.